Dasa Dharma Pramuka, Masih Ingat?

Mar 14, 2012   //   by Ninky Hade   //   About Us, Anything, Let's Learn, Unforgettable Moments  //  6 Comments

Iseng aja pagi2 gini nulis tentang Dasa Dharma Pramuka. Masih ingat Dasa Dharma Pramuka? 10 point yang menjadi pedoman anggota Pramuka Indonesia, yang menurut pengalaman pribadi saya sih (waktu masih ikut Pramuka), diajarkan terus dari SD sampe SMA kelas 1.

Namanya dasa, berarti ada 10.. Nah, apa sajakah mereka? Akan saya tuliskan berikut ini :

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan ksatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Naah, itu dia ke-10 Dharma Pramuka Indonesia. Saya masih inget lhoo.. Saya tidak copas dari artikel lain. Aseliii!! Itu saya ketik sendiri :mrgreen: Waktu SD, dulu diajarinnya biar gampang ngapalin, pake singkatan suku kata paling depannya aja, Ta – Ci – Pa – Pa – Re – Ra – He – Di – Be – Su.

Yah, seandainya setiap pemimpin dan rakyat Indonesia bertindak seperti Dasa Dharma di atas. Mungkin negeri ini bisa jaya, makmur, gemah ripah loh jinawi lagi.. Aamiin.. :)

Eh eh, ada mars nya juga ya, tulis lagi aah..

Mars Pramuka Indonesia

Kami, Pramuka Indonesia..
Manusia Pancasila..
Satya-ku, kudharmakan..
Dharma-ku, kubaktikan..
Agar jaya, Indonesia..
Indonesia, Tanah Airku..
Kami jadi pandumu..

Hehehe.. duh kangen ik jaman sekolah dlu.. Hehehe, sekian dulu dari saya :) Sampai jumpa lagi..

Popular search terms:

pramuka, padang rumput kartun, hadis tentang kasih patriot dan ksatria, poster dasa darma pramuka, hadis dalam setiap poin~poin dasar darma, poster tema dasa darma, 15 pengamalan poin dasa dharma, Tulislah contoh perbuatan yang tidak sesuai dengan dasa darma pramuka, poster tema dasa dharma, poster patuh dan suka bermusyawarah, poster bertema Dasa Dharma, Poin2 dasadarma dan hadis, hadis tentang rela menolong dan tabah, Contoh Poster Dasa Dharma Rela menolong dan tabah, ya dasa

6 Comments

  • Waaah.. maapkan saya, cos udah agak lupa… padahal dulu sempat di tingkat Bantara sih.. dan pas mo nyelesain buku saku yg di tingkat Laksana, malah harus memilih antara ngurusin Osis atau menempuh perjalanan sejauh 80 km utk syarat terakhir pengukuhan di tingkat Laksana… :(
    Loh kok malah curhat gini ya… heheehe.. 😀
    Okey.. Nin, makasih udah mengingatkan kembali ttg dasa dharma pramuka… :)

  • ngeriiih.. bantara trus laksana.. 😀 hahaha.. tapi emg seru kog dulu ikut Pramuka.. hohoho

  • makasih ya dasa dharma nya, karena sudah membantu aku

  • sama2.. glad can help :)

  • Terima kasih ya kakak, aku juga merasa sangat terbantu :3

Leave a comment