Konsultasi Andrologi Tahap 2

Tibalah harinya…

Senin, 25 September 2017

Saatnya ngambil hasil lab suami sekalian konsul ke dokter spesialis andrologi. Sepulangnya suami dari kantor, saya pun siap2. Gak berapa lama, kami pun berangkat ke RSIA YPK. Nyampek sana, daftar dulu dan dapet nomer antrian 6. Wah, tumben agak banyak yg periksa hari itu ke dr. Indra G. Mansur. Tp RS-nya emang lg rame bgt pas sore itu sperti pada kompakan dateng.. 😀 Ehehehe..

Tunggu punya tunggu gak dipanggil2 juga. Karena udh adzan Maghrib, kami sholat Maghrib dulu. Sayangnya, mushola-nya di sini kecil. Ada 2 sih, tapi sama2 kecil, jd rada ngantri gitu, apalagi sholat Maghrib yg waktunya pendek. 😀

Habis sholat, suster yg asistennya dokter Indra G. Mansur ngasih tau kalo pak dokter-nya sedang sholat. “Jadi tunggu dulu ya sebentar..” Ok, sus..

Dan beberapa saat kemudian, kami dipanggil masuk. Ternyata hasil lab suami sudah ada di tangan pak dokter, jadi kami gak sempat liat duluan, karena dari lab langsung diserahkan ke si bapak. Jadi penasaran 😐 Terusnya pak dokter bilang, “Ini masih ada leukosit dan aglutinasi-nya. Cuman, gak setinggi yg sebelumnya. Walopun begitu, tetep harus diobati”. Suami diresepin obat Proza, Recustein Cap, dan Sporax (yg ini kyknya buat jamur deh).. Jadi, masih indikasi infeksi saluran reproduksi, tapi ya sama dibilangnya kyk waktu konsul pertama, kalo harusnya dgn kondisi demikian gak menghalangi terjadinya pembuahan. Makanya pak dokter wanti2, paralel dengan suami, saya jg periksa kondisi ke obgyn. Iya dok, saya memang paralel periksa ke obgyn-nya.. 🙂

Dan seperti sebelumnya, dibekali lagi surat pengantar cek sperma ke lab nanti kalo obatnya sudah habis. Setelah itu, pak dokter bilang, kalau 2 bulan setelah obat habis saya masih belum hamil, maka perlu dilakukan tes antibodi antisperma, yaitu mempertemukan sampel darah saya dgn sampel sperma suami.

Yg saya baca2 sih.. Tes antibodi antisperma (ASA) ini, kalo sperma suami menggumpal gara2 ketemu darah istri, maka antibodi istri tinggi, dia memerangi sel2 sperma suami karena dianggap benda asing. Alergi gitu deh.. Sensi banget yah antibodinya.. 🙁 Smoga gak sampe ke tahap tes antibodi antisperma, saya udh bisa hamil. Aamiin.. 🙁 Huaaaa.. Pgn nangis.. Kog ya susah bgt mau hamil T_T Astaghfirullah..

Selesai konsul, lanjut nebus resep dan bayar2.. Kaget lagi waktu bayar, mehooong.. 🙁 Gak taunya beneran diresepin bwt sebulan, tapi 2x minum sehari. Hikkkksss..

Habis itu pulang dan masih menggalau masalah tes ASA itu.. 🙁

Tapi tetep disuruh sabar sama Allah SWT. Smoga dimudahkan, do’akan kami yaaa.. 🙂 Trims..

Summary

  • Kalau kondisi fisik dan fungsional organ reproduksi suami istri tidak ada indikasi mencurigakan namun masih belum bisa punya keturunan, ada baiknya tes antibodi antisperma (ASA).
  • ASA mungkin menjadi penyebab istri masih belum bisa hamil, padahal suami istri tsb dinyatakan sehat dan normal.
  • Jika nilai ASA tinggi, akan ada treatment lanjutan.
  • Biaya konsultasi plus obat endebre endebre total sebesar Rp 1.950.040,-

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *