Aku di Masa-masa Gabutku.. (Part 4)

Berawal dari iseng pengen bikin kartu nama buat usaha catering nasi kotaknya mamah. Namanya HK Kitchen, basisnya di Sleman, Jogja. Catering mamah ini seringnya melayani pemesanan nasi kotak untuk anak2 sekolah yg liburan or jalan2 ke Jogja naik bus. Nah, kebetulan salah satu Om ada yg punya usaha bus pariwisata, nama bus-nya Maju Lancar Utama. Ada yg udah pernah denger mungkin ya? Basisnya di daerah Cipari, Kab. Cilacap, Jateng. Nah, kalo ada rombongan sekolahan yg mau berangkat ke Jogja naik bus Maju Lancar Utama, biasanya Om akan nginfoin kalo bisa pesan nasi kotaknya ke mamah saya. Jadi, karena sering dipesenin gitu, saya jadi kepikiran buatin desain kartu nama HK Kitchen, mana tau ntar bisa dikasikan ke temen2 or kenalannya rombongan tsb.

Nah, untuk mendesain kartu nama HK Kitchen ini, saya pakai online design tool yg sering bgt disebut2 di Twitter. Namanya Canva.

Ya Allah,, dibandingin pas bikin buku pengajian pernikahan pake MS Word yg pernah saya ceritakan di sini, ini tuh waaaay much easier.. Ya iyalah MS Word kan emg basic-nya bwt bikin2 dokumen tertulis. Kalo Canva kan emg buat desain2.

Enaknya Canva ini bisa pake versi web, desktop, dan mobile. Kalo saya sukanya pake yang versi desktop aja, lebih lega layarnya. Pertama2 pake Canva, jangan lupa bikin akun dulu buat login. Habis login, bisa bikin project yg diinginkan. Untuk mudahnya, search template-nya aja. Misal saya mau bikin project kartu nama. Saya ketik keyword “business card”. Nanti akan muncul template2 untuk bikin business card. Tinggal pilih aja mau yg mana, ada yg gratisan dan ada juga yg berbayar. Tapi template yg berbayar gak bisa dipake sama akun gratisan 😛 Kudu langganan dulu, baru bisa pake fitur2 berbayarnya si Canva ini. Oleh karena saya gak langganan, jadi mau gak mau saya pake template yg gratisan 😁✌️

Setelah pilih template yg dimaui, temen2 bisa edit2 seusai keinginan ya.. Ada yg namanya “Element”, ini tuh kayak unsur2 gambar yg membentuk si template tsb. Misal kepengen nambahin gambar pohon, tinggal ketik aja “tree” di kolom search-nya. Kalo udah ketemu pohon yg disuka ya tinggal di-klik aja, nanti akan muncul di dalam template. Setelah itu, bisa atur2 ukuran ato warnanya. Tata letaknya si element jg bisa diatur, gampang malah.. karena ada garis panduannya yg nanti muncul ketika element-nya dipindah2. Pokoknya asik deh 😀 Oiya, untuk element ini ada yg gratisan n ada yg berbayar juga yah. Kita bisa pake yg berbayar, tapi nanti akan muncul watermark Canva di gambar element yg dipilih.

Untuk nulis2 jg ada menu “Text”. Ada pilihan style-nya, ato kita bisa bikin tulisan sendiri, berarti nanti kita yg nentuin pake font apa, ukurannya berapa, warnanya apa, mau dikasih effect apa, dst2.. Untuk jenis font, seperti biasa..ada yg gratisan dan ada jg yg berbayar ya.. 😀

Nah, langsung ajah.. Ini hasil bikin2 kartu nama HK Kitchen pake Canva..

Oiya, barangkali ada yg mau pesen nasi kotak daerah Jogja, insya Allah HK Kitchen siap melayani.. 🙂

Terus udah bikin desain apalagi selain kartu nama? Saya udah coba2 bikin desain sbb..

  • Kupon pembagian daging kurban Idul Adha

  • Gift card

  • Kartu ucapan terima kasih & kartu penukaran souvenir

  • Kartu ucapan terima kasih untuk pemesanan online shop

  • Poster 17 Agustus-an

  • Biodata bayi laki-laki

Menggunakan element berbayar, ada watermark Canva-nya.

  • Biodata bayi perempuan

Menggunakan element berbayar, ada watermark Canva-nya.

  • Logo online shop

  • Label alamat online shop

  • Banner online shop

Hehehe, kira2 gitu si beberapa desain yg saya buat. Belum begitu bagus, masih cupu, baru pemula soalnya. Tapi gas-keun terus lah latihannya, biar makin terasah kemampuannya. Biar gak terus bergantung ke template mulu.. 😀

Yah, smoga ilmu2 yg dipelajari ini akan membawa manfaat, seenggaknya bagi diri sendiri dlu. Aamiin.. 🙂

Gimana, tertarik pake Canva..? 🙂

1 comment

  1. davis willyam - Reply

    nang ndi awakmu saiki ndut..??…wis ndue “anggota” to saiki…??…pripun kabarmu…??

Leave Comment

Your email address will not be published.