Throwback Kehamilan (part 1)

Ya Allah.. dah 2 taun kyknya gak apdet blog. Wadidaw banget yah..

Assalamu’alaikum frens,

Jumpa lagi sama saiyah di blog yg dh penuh sarang labah2 inih..

Melanjutkan postingan 2 taun lalu, dapet rejeki hamil. Alhamdulillah sekarang anaknya dh 14 bulan, lagi seneng2nya lari2 d dlm rumah, mberantakin isi lemari n laci. Yeah, how time flies..

Jadi waktu hamil itu saya ada agenda pindah rumah ke Pamulang, terus jadinya pindah RS dan dokter juga. Pada usia kandungan sekitar 7 bulan, akhirnya saya nyari yg deket2 rumah, dapetlah di RS Citra Ananda Ciputat dgn dr. Rathi Manjari Fauziah, Sp.OG. Alhamdulillah dapet dokter yg enak juga, setelah sebelumnya kontrol hamil ke RS Jakarta di bilangan Setiabudi – Jaksel dgn dr. Nonny, Sp.OG.

Throwback kehamilan saya dari bulan ke-4 sampai dengan mau lairan sbb:

Week 17-20

USG menunjukkan janin masih agak kecil untuk ukuran 19 week. Diresepin susu Nutrican yg tinggi protein. Boleh dikombinasi dgn susu hamil, yg mana waktu itu saya langganan minum Prenagen. Misal sehari minum Prenagen 2 gelas, Nutrican 1 gelas. Atau dibalik, Prenagen 1 gelas, Nutrican 2 gelas. Demi mengejar ukuran janin agar sesuai dgn ukuran USG.

Week 21-24

Ukuran janin masih belum sesuai dgn ukuran USG, jadi tetep disarankan minum Nutrican dan ditambah suruh berjemur, nyari matahari jam 7-9 pagi. Di week 21 akhirnya tau kalo si jabang beybeh ini insya Allah berjenis kelamin perempuan.. ūüėÄ

Week 25-28

USG terakhir dgn dr. Nonny, Sp.OG. Hiks, sedih.. Alhamdulillah, hasil USG dinyatakan bagus. Saya dibekali surat pengantar untuk USG fetomaternal dan surat pengantar ke lab untuk screening darah. Terima kasih Bu Dokter Nonny yang sudah mendampingi dan mengawal perjalanan debay sampai week 26. Setelahnya, saya dan suami memutuskan untuk pindah RS yg dekat rumah Pamulang saja. Karena kalau dr Pamulang ke RS Jakarta jauh juga. Perjalanan bisa 1,5 jam.

Week 29-32

USG fetomaternal dgn dr. Sri Pudyastuti, Sp.OG(K) di Klinik Gulardi – Jl. Kimia No. 5, Menteng, Jakpus. Alhamdulillah insya Allah debay sehat2 n baek2 aja. Dan ternyata masih balik lagi ke dr. Nonny di RS Jakarta untuk baca hasil USG feto dan hasil screening darah dari lab. Agak jelek nih hasil screening darahnya, gula darahnya rada tinggi, ada indikasi diabetes gestasional.

Diabetes gestasional ini bisa muncul saat kehamilan, karena kemungkinan bumil mengkonsumsi makanan dan minuman manis yg berlebih. Kalau dalam kasus saya, karena untuk mengejar BBJ alias Berat Badan Janin agar sesuai usia USG, maka makanan apa saja saya makan. Padahal sih gak boleh gitu juga ya. Jadi tetep kudu menjaga asupan makanan dan minuman, manis boleh tp tidak boleh terlalu sering. Yang dianjurkan itu makanan dan minuman tinggi protein.

Setelah mengetahui kadar gula darah yg rada tinggi tsb, dr. Nonny memberikan surat pengantar untuk cek darah lagi ke lab. Setelah itu, saya dan suami pamit ke dr. Nonny dgn mengucapkan terima kasih. dr. Nonny pun berdoa buat kelancaran kehamilan dan persalinan saya nantinya. Aamiin.. Makasih Bu Dokter Nonnya yg baik hati.. *lope2*

Singkat cerita, pindahlah saya ke RS Citra Ananda Ciputat. Awal kontrol dgn dr. Budiningtyas, Sp.OG. Dikasih pengantar untuk tes gula darah sewaktu. Lha pengantar yg dari dr. Nonny ke mana? Heheheh.. belum saya pake.. ūüėÄ Btw, Alhamdulillah hasil tes gula darah sewaktunya bagus. Jadi, sarannya sama aja. Kurangin makanan & minuman manis. Saat di USG terlihat kalau kepala debay sudah di bawah. Alhamdulillah..

Week 33-37

Kayaknya rada panjang.. lanjut di post terbaru aja ya.. ūüôā

 

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *