Info TK Tahun Ajaran 2024/2025 di Sekitaran Pamulang – Tangsel

Helooo kawan2 dunia mayaa… Lama bgt gak jumpa nih.. Kena penyakit M alias “Males”. Males nulis, males apdet blog jg jdnya.. Wkwkwkwk..

Sekarang mau coba nulis lagi, mumpung ada topik yg bisa ditulis. Hihihi.. Jadi belakangan ini saya sibuk nyari skul TK buat anak saya, namanya Aimee. Skulnya masih taun depan si insya Allah, tp udah banyak skul yg buka pendaftaran di akhir tahun dan dgn berbagai macam promo. Buat makemak kyk saya ya jelas menggiurkan laaah.. Daripada ndaftarnya nanti mepet2 mau masuk skul, mending skrg gitu. Selain karena takut keabisan kuota, daftar di awal pembukaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) bisa dapet promo jg.

Nah, karena kami adalah warga Pamulang, kami jadinya nyari2 skul TK buat Aimee ya masih di sekitaran Pamulang aja. Yuk langsung aja, berikut info yg saya dapatkan untuk beberapa TK di Pamulang. Dan sebagiannya memang saya datangi langsung, jd ada poto2-nya ya.. *kalau mau liat 😀

1. TK Bina Cendekia Islamic School (TK BCIS)

Yang pertama menarik perhatian saya adalah TK Bina Cendekia karena fasilitasnya ada flying fox. 😀 😀 😀

Jadi gini, Aimee itu kan tipe anak yg kalo boleh dibilang, gak bisa diem. Usrek aja, alias suka bergerak. Karena itulah, bapake Aimee kpengen masukin Aimee ke skolah alam, tapi skolah alam paling deket pun jaraknya masih kejauhan dari rumah. Urunglah niat itu. Akhirnya saya cari2 skul yg lumayan banyak mainan atau aktivitas outdoor-nya. Ketemulah TK BCIS ini. Fasilitasnya macem2, ada outdoor playground, flying fox mini, kolam renang, antar jemput, dll. Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung datang aja ke skulnya, atau pantau dari website/IG-nya ya..

TK BCIS ini berjarak sekitar 4-5 km dari rumah, ya lumayan sih ya.. Terus musti melewati titik macet di pertigaan setelah pacuan kuda yg di Jl. Pajajaran, Pamulang. Sebenernya ada jalan tembusnya klo gak lewat jalan besar. Tapi kt bapake Aimee, sama aja musti ngelewatin beberapa titik macet. Akhirnya urung deh ngelanjutin kekepoan ke TK BCIS. Tapi udah sempet dapet info skul TK-nya beserta rincian biayanya. Silakan disimak.. 🙂

2. TK Alsyukro Universal

Tahu ada TK ini dari tetangga komplek, karena anak2-nya skul di situ. Lanjutlah ngepoin. Fasilitasnya seru2. Ada area berkebun, mini zoo, outdoor & indoor playground, lapangan, wall climbing, dll. Oiya, TK Alsyukro jg menyediakan fasilitas antar jemput siswa ya.. Lebih lengkapnya, silakan kepoin di :

Hmm.. Menarik nih, cuman ya itu jaraknya masih lebih jauh dari TK BCIS kalo dari rumah. Sekitar 5,5 km. Dah masuk Kec. Ciputat malah. Dan kalo ke sana mesti lewat pertigaan pacuan kuda yg rawan macet. Terus kabarnya pulang skulnya jam 1 siang. *cmiiw* Misalnya Aimee naik mobil antar jemput, nanti sampe rumah jam berapa.. Kasian klo kelamaan di jalan.

Terus pertimbangan lainnya, kalo memantau IG-nya TK Alsyukro ini, sepertinya sering diadakan acara yg melibatkan ortu hadir di skul. Beberapa di antaranya, acara 17 Agustus-an, market day, parents teaching, field trip, buka puasa bersama, dan halal bihalal. Bisa jadi ada lagi, tp saya belum tahu.. 😀 Nah, bagi saya yg introvert, banyak kegiatan yg melibatkan ortu nih malah bikin deg2an. Wkwkwkwk.. Termasuk juga nih seleksi masuknya jg ada wawancara ortu dan observasi anak. Joss gandos-lah, tambah makin bikin deg2an.. 😀

Atas pertimbangan itulah saya gak jadi lanjut ngepoin TK Alsyukro. Hehehe.. Berikut adalah brosur dan biaya masuk TK Alsyukro ya..

3. TK Hanifa Islamic School

Dapet info jg dari tetangga komplek, karena anaknya ikut KB di situ. Rencana mau lanjut TK-nya jg di Hanifa. Dapet info biayanya sbb ya..

Yang mau lanjut kepo dengan TK Hanifa, silakan langsung berkunjung ke :

4. TK Al Zahra Indonesia

TK yang beralamat di Vila Dago ini adalah TK yg paling dekat dgn rumah di antara TK-TK lain yg dikepoin. Aimee pun sempet ikut trial class di sini. Gak dipungut biaya lho, alias free. Durasinya 1 jam aja, jadi mending anaknya ditungguin sih 😀 Kapan emang ada trial class-nya? Kepoin aja di IG-nya TK Al Zahra, biasanya tiap bulan ada kog. Jangan lupa daftar dlu via WA kalau mau ikut trial class-nya ya..

Berikut foto2 Aimee sewaktu trial class di TK Al Zahra..

Untuk info biaya sbb ya.. Jujurly, ini biaya yg paling mahal sih kalo dibanding TK-TK lain yg saya kepoin. Eitsss, tapi dapet promo early bird lhoo.. Diskonnya banyak cuuuy..

Silakan yang mau lanjut kepo TK Al Zahra, bisa langsung berkunjung ke :

5. TK Islam Pembangunan (TKIP)

Belum lama buka PPDB-nya, baru tanggal 10 November 2023 kemarin. Biayanya juga baru rilis bersamaan dgn pembukaan PPDB. Sayang minim bgt info mengenai biaya ini, gak ada di brosur atau di website-nya. Jadi harus tanya langsung, itupun kalau tanya sebelum PPDB dibuka, bakal dijawab infonya belum turun (dari pusat). Hehehehe.. Ya udah, saya pajang di mari aja yah..

Sempat juga datang langsung ke skulnya TKIP. Tapi berhubung datangnya hari Sabtu, jd cuman ketemu sama Bpk Security-nya dan diperbolehkan untuk lihat2 area sekolahnya hanya dari luar, gak bisa masuk2 ke kelas. Berikut foto2-nya..

Jujur aja, TKIP ini salah satu inceran saya bwt skul Aimee, karena sebenernya saya tuh tertarik metode belajar yang diterapkan di SDIP, yaitu project based learning. Nanti siswa SD akan diberikan sebuah topik yang mesti dicari solusinya, kemudian dibuat presentasi berkelompok dengan menggunakan bahasa Inggris. Serunya adalah melatih keberanian berbicara (public speaking) sedari dini, melatih penggunaan bahasa asing, kemudian melatih kebiasaan bekerja dalam tim (teamwork).

Nah, saya pikir kalo masuk TK-nya di TKIP akan “lebih mudah” nanti kalau mau masuk SD-nya jg di situ. 😀 Wkwkwkw..

Lanjut kepo tentang TKIP, saya sempat WA beragam pertanyaan ke adminnya. Eh, gak lama dibales, minta izin untuk telepon via WA. Saya pun mengizinkan, dan gak taunya yg telepon adalah kepseknya langsung. 😀 😀 😀

Berikut info lebih lengkapnya untuk TKIP ya..

Nah, yg agak bikin jiper adalah point terakhir.. Yang untuk umum tuh gak banyak kuotanya, karena udah banyak yg antri dari keluarga besar Madrasah Pembangunan (induknya TKIP). Tapi kalo kata suami sih itu palingan trik merketing aja.. Tapi klo trik marketing kog gak mempan di saya yah,, bukannya semangat cepet2 daftar malah jiper.. *ngakak

Oiya, untuk trial class sepertinya ada sih, tapi musti beli formulir. Untuk mengetahui proses daftar PPDB TKIP lebih lengkapnya bisa berkunjung ke :

6. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 (TK ABA 12)

Sudah tahu kalau ada TK ini berdasarkan pencarian Mbah Gugel. Awalnya gak melirik samsek karena setahu saya di situ gak ada jenjang lanjutan lagi, jd cuman TK aja. Eh ternyata waktu cerita2 sm tetangga komplek, baru tahu kalau di situ tu area komplek sekolah, dari KB – SMA. Wah, mantabs yaah.. 😀 Akhirnya mencoba ngepoin dgn tanya2 via WA, tp dijawabnya singkat2 banget. Hasil gugling jg gak banyak membantu. IG jg gak apdet.. *sayang bgt sih 🙁 Ya udahlah, ayo kita datengin langsung aja di :

Oiya, ini brosur TK-nya ya (dicantumkan rincian biaya jg di dalam brosur). Ada brosur Daycare (KB)-nya juga..

Singkat cerita, datenglah saya, Aimee, dan bapake Aimee ke TK ABA 12 ini. Kesan pertama sewaktu pertama kali menjejakkan kaki di skolah adalah, wah ini skolah adem bener (banyak taneman), bersih pula, Alhamdulillah.. Selain itu, kesan lainnya terhadap TK ABA 12 ini adalah, ya Allah banyak betul mainan outdoor playground-nya. Wah, kesenengannya Aimee nih.. 😀 Mantabs.. Bener aja, waktu dtg Aimee langsung antusias nyobain berbagai macam mainan di situ.

Btw, kami dateng di hari Sabtu, ketemu sama Bu Guru yang lagi piket, dijelasin macem2 n dapet school tour jg. Waktu itu ketemunya sama Bu Nur. Seru ibunya, rame.. Ya iyalah ya, Bu Guru TK masa’ meneng2 bae.. 😀

Sama Bu Nur dijelasin perihal berikut :

KEGIATAN DI SEKOLAH :
– Output lulusan bs hapal juz 30 (tetep tergantung kemampuan anak).
– Tahun kmrn TK A ada 3 kelas, diharapkan tahun ini bertambah.
– 1 kelas 15 siswa dgn 2 guru.
– Sistem moving class metode sentra.
– Tidak ada PR.
– Ada materi bhs. Inggris (vocabulary).
– Jam 7.15 sudah harus berada di sekolah.
  # Senin – Kamis : 7.15 – 11.30
  # Jum’at : 7.15 – 10.30
– Semua peralatan belajar ditinggal di sekolah, jd anak tinggal bawa bekal makan & minum saja.
– Pada waktu hari pertama sekolah, anak boleh ditunggui ortu, tetapi ortu menunggu di tempat duduk seberang area sekolah (tidak boleh di dalam sekolah).
– Anak bisa diikutkan daycare yg half day setelah pulang sekolah (siang-sore), tentunya dgn biaya tambahan.
 
EKSKUL :
– Biaya ekskul 200rb, semua siswa dpt materi :
  # Tahfidz
  # Angklung
  # Renang 2x sebulan (pisah putra/putri)
  # Komputer
  # Menari
– Ekskul pilihan ada 2 :
  # Drumband (75rb)
  # Robotik (125rb)
  *) kalau harga belum berubah.
  Diadakan di hari Jum’at (kalau tidak salah). Jadi, tidak di luar jam sekolah.
 
LOMBA :
– Lomba yg biasa diikuti oleh siswa :
  # Tahfidz
  # Gerakan sholat
  # Motorik kasar (misalnya memasukkan bola ke keranjang)
  # Menari
  
BIAYA :
– Ada trial class 1x (bebas pilih Senin-Jum’at), boleh ikut setelah beli formulir.
– Beli formulir Rp 300rb.
– Pembayaran boleh langsung lunas/dicicil 2x.
– Jika langsung lunas, dapat diskon Rp 500rb (dari Rp 9.085.000 jd Rp 8.585.000).
– Pengukuran seragam dilakukan setelah pembayaran.
– Dari TK A ke TK B ada daftar ulang dgn membayar sekitar 5jt (untuk uang kegiatan dan alat).
 
ANTAR JEMPUT :
– Antar jemput disediakan dr sekolah. Nanti daftar ke TU. Bisa PP atau pilih salah 1 trip berangkat/pulangnya saja.
– Biaya antar jemput menyesuaikan jarak dan trip yg dipilih.
 
KEGIATAN BERSAMA ORTU :
– Kegiatan yg melibatkan ortu: field trip (anak didampingi ortu).
– Tempat tujuan field trip ditentukan oleh komite ortu & sekolah.
– Sebulan sekali (kalau tidak salah), akan diadakan makan sehat dgn menu yg dimasak ortu. Misal: siomay/dimsum, dll. Dibantu oleh sekolah (untuk pendanaan).
 
Kira2 itu sih yg saya tangkap dari penjelasan Bu Nur. Dan berikut adalah foto2 ketika Aimee dateng ke TK ABA 12..
Nah, kira2 itulah yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Smoga infonya bermanfaat dan bisa jadi pertimbangan dalam memilih sekolah buat ananda nanti.

Happy school hunting..! 🙂

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *