Chili dan kisah heroiknya…

hmm.. uhuk uhuk. batuk2 bentar ah.. hehehe, mumpung lagi jam rehat meluangkan waktu sbntr buat posting di blog..

sesuai dengan judul postingan yang bercerita mengenai kisah kepahlawanan alias kisah heroiknya para pejuang2 dari negara Chili. siapakah mereka? dan kenapa bisa disebut sebagai pejuang?

ya, kejadiannya bermula saat 33 pekerja tambang di daerah utara Chili (San Jose) terperangkap akibat tambangnya runtuh. dan gag tanggung2, menurut sumber yang ningnong dapet dari mana2, mereka terperangkap pada kedalaman 700 meter. haduh haduh, gag kebayang tuh, gimana gelap n lembabnya di sana. kejadian ini berlangsung tanggal 5 Agustus 2010.

ajaibnya, mereka dapat bertahan hidup karena ada tempat penampungan dengan dasar2 yang diperlukan untuk membantu orang2 itu untuk sementara, termasuk oksigen, alat pelindung, mantel, dll. syukur yah ada tempat penampungan seperti itu.. *tapi kebayang gag siyh, klo lama2 disono.. mau makan, tidur, buang air, langsung ngejogrok disono. uuugh., kebayang betapa stress-nya..

sebulan kemudian, sekitar 7 September 2010, pemerintah Chili pun mengumumkan tindakan penyelamatan yang dilakukan mengalami kemajuan. mesin pengebor Strata 950 sukses membuat lubang berkedalaman 90 meter. nantinya setelah lubang sedalam 700 meter terbentuk, giliran mesin khusus pengebor batu yang dimanfaatkan. di bagian lain, 33 pekerja tambang dilaporkan dalam kondisi kesehatan yang baik. namun, beberapa dari mereka mengalami luka-luka di bagian kulit, ada juga yang mengalami gangguan kesehatan ringan karena kondisi di bawah bumi yang lembab. *huhuhu..

Presidean Chili yang sampai turun ke lokasi, Sebastian Pinera berharap para pekerja tambang tersebut bisa diselamatkan sampai ke atas bumi, sebelum dia berangkat kunjungan ke Eropa tgl 17 Oktober 2010. katanya, bliau ingin merasakan peristiwa tsb bersama para pekerja tambang. *gileee… presiden yg juga sayang rakyat neh.. terharu gan!!

nah, yang bikin salut lagi adalah kekompakan mereka dalam menghadapi masa2 sulit ini. keluarga pekerja tambang sampai bikin tenda2 gtu yang diberi nama Camp Hope (klo di bs Indonesia-in artinya Tenda Penuh Harapan) di sekitar lokasi tambang *pasti mereka kangen bgt sama anggota keluarga mereka yg terjebak di reruntuhan tambang*, udah gtu bakal ada kapsul baja yang dirancang oleh Angkatan Laut (AL)-nya Chili. pasukan ini akan turun ke lokasi tambang guna memantau situasi dan menolong para pekerja dalam menggunakan kapsul penyelamat.

proses menarik seorang pekerja ke atas diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam. adapun dokter mengatakan, para pekerja sudah mempersiapkan diri untuk proses penyelamatan. mereka juga mendapatkan pelatihan dari pakar hubungan masyarakat yang akan membantu mereka mengatasi situasi penyelamatan yang akan mendapatkan sorotan media-media di dunia.

waaaaaaaah seneng gag siyh, kalo usaha dan kerja keras kita didukung semua pihak dan tentunya “dedi dores” alias dengan diiringi doa restu.. wkwkkww ūüėÄ

9 Oktober 2010. pekerjaan regu penyelamat hampir selesai. tersisa 34 meter ketebalan tanah yang akan dibor untuk menyelamatkan 33 pekerja tambang yang terperangkap di kedalaman 700 meter. namun, Menteri Pertambangan Laurence Golborne mengatakan bahwa tim harus bekerja sangat hati-hati untuk tidak membuat alat bor macet. ia juga mengatakan bahwa memerlukan waktu antara tiga sampai delapan hari sebelum misi penyelamatan di tambang San Jose bisa dimulai.

Andre Sougarnet, insinyur yang bertanggung jawab atas pengeboran itu bilang kalo ada bahaya bahwa ketika tim penyelamat membobol karang yang keras, ada pekerja tambang yang terluka. oleh karena itu, dikirimkan kamera turun ke dalam ruangan untuk memastikan para pekerja tambang tidak berada dalam bahaya.

pejabat Chili mengatakan semua yang diperlukan untuk penyelamatan sudah ada dan akan memakan waktu satu jam untuk membawa satu orang ke atas bumi. mereka akan diberi kacamata hitam untuk melindungi mata mereka ketika muncul di permukaan dan terkena sinar matahari.

13 Oktober 2010. misi penyelamatan dimulai. ciyaaat.. 1 per 1 pekerja tambang ditarik keluar naek kapsul yang ada rodanya. dan nama kapsulnya adalah Phoenix. berikut aksi kehebatan si Phoenix ini :

tim penyelamat menurunkan kapsul Phoenix setelah menguatkan bagian selongsong lubang penyelamatan dengan pipa logam untuk mencegah runtuhnya batu dan dapat menghambat jalan keluar. para teknisi mengatakan, babak terakhir dari penyelamatan masih memiliki risiko, tetapi kapsul tersebut berjalan lancar. setiap penarikan seorang penambang memakan waktu selama 1 jam dengan kecepatan kapsul 1 meter per detik, selambat orang berjalan kaki, dan dapat dipercepat hingga 3 meter per detik jika penambang yang ditarik mengalami masalah. para penambang dapat melakukan komunikasi dengan tim penyelamat menggunakan intercom yang ada di kapsul. mereka diperintahkan untuk tetap memejamkan matanya dan akan diberikan kacamata hitam untuk menghindari kerusakan mata mereka karena menghabiskan waktu yang amat lama di terowongan yang remang-remang. selanjutnya, mereka akan dirawat di rumah sakit terdekat selama dua hari.

wuuuuaaaah… 1 orang 1 jam.. kalo 33 orang brarti sekitar 33 jam…!!! hampir 1,5 hari.. wedew..

14 Oktober 2010. TODAY!!! hari ini,, ya hari ini.. kabar menggembirakan itu akhirnya saya baca juga… semua pekerja tambang kembali ke atas bumi dengan selamat semua. Alhamdulillah.. fiuh.. setelah hampir 70 hari terjebak di alam bawah sana. bawah bumi maksudnya,, mereka keluar juga.. ūüôā syukurlaaah.. mereka pun disambut dengan suka cita dan gegap gempita oleh semua anggota keluarga, presiden, pejabat, tim penyelamat, dan warga Chili, bahkan warga dunia…

dan mengejutkannya lagi, ternyata ada pekerja tambang yang anak pejabat tapi menggunakan nama samaran, karena keluarga pejabat dilarang melakukan pekerjaan berbahaya. dia bernama Alex Vega dan ayahnya pun ikut dalam tim penyelamat ini. hebat yah.. pejabat dan anak pejabat, tapi mau kerja beginian.. *kapan ya di Indonesia???

yah begitulah sekelumit ttg perjuangan semua warga Chili dari mulai rakyat jelata dengan “dedi dores”-nya, presiden-nya yang langsung turun ke lokasi, angkatan laut-nya, dan anggota keluarga yang selalu setia mengikuti perkembangan kasus ini.

jadi wondering neh.. klo kasus ini menimpa Indonesia, kira2 bakal gimana yah?? cuma pengen berkaca dari kompaknya negara Chili inih.. mereka gag patah semangat walopun susahnya bukan main buat nyelametin warganya yang terjebak hampir 70 hari di bawah bumi sana. salut juga buat kesabaran para pekerja tambang yang terperangkap. T_T terharu neh, gan!!!

bravo!!! bravo!!! bravo!!! moga Indonesia bisa belajar dari peristiwa2 macam begini.. amin3x.. maju terus juga Indonesia kami!!!

sumber :

kompas.com

3 comments

  1. Pingback: Tahukah kalian kehebatan INDONESIA? | Indonesia Search Engine

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *