Divergent, Insurgent, Detergent..?

Hehhehe.. Iseng amat sih judulnya.. 😛 Anyway, postingan ini terinspirasi dari film “Divergent” yg kebetulan saya tonton kemaren bareng @mappesona. Divergent sendiri diangkat dari novel pertama dari trilogi Divergent besutan penulis Veronica Roth.

Bercerita tentang peradaban manusia di masa depan dengan setting tempat di Chicago. Masyarakat manusia di sana dibagi ke dalam 5 kelompok (faksi) yaitu kaum Erudite yang mewakili ilmu dan kecerdasan, kaum Amity yang mewakili masyarakat cinta damai, kaum Candor yang mewakili kejujuran, kaum Dauntless yang mewakili keberanian, dan kaum Abnegation yang mewakili masyarakat yang tidak mementingkan diri sendiri (tanpa pamrih).

Lalu bagaimana seseorang dapat dikategorikan sebagai salah 1 dari 5 faksi tsb? Jadi, pada saat mereka beranjak remaja, dilakukanlah sebuah test, yaitu aptitude test untuk menentukan sifat/pribadi orang tsb lebih menonjol ke arah mana. Setelah dilakukan aptitude test, maka keesokan harinya diadakan seremonial pemilihan faksi. Jadi, orang tsb akan menentukan akan masuk ke faksi apa, walaupun mungkin tidak sesuai dengan hasil aptitude test. Sekali memilih, tidak boleh mengubahnya kembali.

Namun demikian, ada saja orang yg setelah aptitude test diketahui bahwa dia memiliki keunggulan di lebih dari 1 bidang. Misalnya dia memiliki pribadi Euridite, Dauntless, dan Abnegation yang unggul secara bersamaan. Maka, orang ini disebut “Divergent” atau kelainan. Dan orang-orang inilah yang -menurut jalan cerita- harus dibasmi karena dikhawatirkan akan men-take over jalannya pemerintahan akibat terlalu unggul di banyak bidang. Dari sinilah cerita bermula.. 🙂

Saya tidak akan membeberkan sinopsis atau apapun di sini, lebih baik nonton sendiri aja yaaa.. 😀 Saya lebih tertarik membahas faksi-faksi yang sudah disebutkan di atas:

1. Erudite

Erudite

Simbolnya berupa mata satu. Pakaiannya berwarna biru tua. Kaum Erudite ini diisi oleh orang-orang yang memilih kecerdasan sebagai jalan hidupnya. Mereka banyak bekerja di perkantoran, laboratorium, maupun perpustakaan. Yang jelas, tidak jauh-jauh dari riset dan ilmu pengetahuan.

2. Amity

Simbolnya berupa pohon. Pakaiannya berwarna jingga/oranye. Kaum Amity merupakan faksi yang beranggotakan masyarakat cinta damai. Mereka hidup “happy-happy” selalu.. 🙂 Bekerja di area/lahan pertanian, selalu bahagia, tidak berkonflik, dan dekat dengan alam menjadi ciri khas kaum Amity.

3. Candor

Simbolnya berupa timbangan. Pakaiannya berwarna putih yang melambangkan kesucian/kejujuran. Kaum Candor beranggotakan orang-orang jujur. Mereka bekerja di bidang hukum, seperti di pengadilan oleh karena kejujurannya. Bahkan mungkin kadang terlalu jujur, sehingga kalau bicara “ceplas-ceplos” dan mudah membuat orang lain jadi marah. 😀

4. Dauntless

Simbolnya berupa api. Pakaiannya hitam-hitam. Kaum Dauntless merupakan faksi yang berisi para pemberani. Mereka di-training sebagai prajurit, mengamankan kota Chicago dan seisinya. Training yang dilakukan meliputi pelatihan fisik dan mental. Ciri khas faksi ini selain pemberani adalah percaya diri dan mampu mengatasi berbagai situasi yang dihadapi dengan peralatan yang “seadanya”.

5. Abnegation

Simbolnya berupa uluran tangan. Pakaiannya berwarna abu-abu. Kaum Abnegation bersifat sederhana, welas asih, peduli sesama, tidak mementingkan diri sendiri, dan tanpa pamrih. Oleh karena sifat inilah, maka mereka dipercaya sebagai organisasi yang menjalankan pemerintahan di kota Chicago. Mereka juga yang menampung dan memberi makan orang-orang terbuang (factionless/tanpa faksi), seperti gelandangan, maupun yang sudah hilang ingatan.

5 faksi dengan keunggulannya masing-masing. Kalau disuruh memilih, Anda pilih yang mana? Kalau saya sih, saya lebih pilih faksi Amity 😀 karena sifat saya lebih suka damai dan tidak berkonflik.. 🙂 Oiya.. yang mau coba-coba test kepribadian/sifat dengan kategorisasi faksi-faksi dalam film Divergent, silakan ke link berikut :

http://assets.divergentthemovie.com/aptitudetest/

Tadaaaaa… Saya pun sudah mencobanya, dan hasilnya paling tinggi adalah sifat Amity 😀 *huraaay* *apasih gak penting banggets* 😛 *namanya juga iseng*

divergent

Naaah, kalau kembali membahas judul postingan kali ini, film Divergent akan berlanjut ke sekuel keduanya, berjudul “Insurgent” (diangkat dari kisah di novel kedua berjudul sama). Jadi, bagi yang sudah nonton, nantikan kelanjutan sekuelnya yaaa.. 🙂

NB:

@mappesona : “Kalo judul keduanya namanya Insurgent, kalo judul ketiganya apa hayo?”

@ninkyhade : “Mmmm.. gak tau.. :D”

@mappesona : “Detergent…”

@ninkyhade : *apasih*

—jangan dipercaya kalo judul ketiganya adalah Detergent, yg bener adalah “Allegiant“—

Sumber Gambar and Thanks To:

  • http://i1.cpcache.com/product/1253277781/erudite_divergent_symbol_new_bandana.jpg
  • http://images.sodahead.com/polls/004244111/5630947078_amity20symbol_answer_4_xlarge.jpeg
  • http://wpl-teens.winnipeg.ca/Blog/Uploads/Post/14/03/candor_scale_black.jpg
  • http://static.tumblr.com/dlqx6q1/36Emd1tym/divergent_faction_symbol_brushes_by_xxtayce-d4t12w11111.png
  • http://img2.wikia.nocookie.net/__cb20141109015250/divergent-roleplayin/images/7/7a/Abnegation_logo.png
  • http://www.sherv.net/cm/emo/laughing/laughing-guy-smiley-emoticon.gif
  • http://findicons.com/files/icons/1049/2s_space_emotions_v2/256/sweat.png

 

 

4 comments

  1. Ona - Reply

    Ah rima judulnya tidak cocok kalo yg ke-3 itu Allegiant, lebih cocok kalo detergent ;))

Leave Comment

Your email address will not be published.