Welcome to My Hometown :)

Terbangun di tengah riuh rendahnya suara penjaja makanan yang treak2 dengan kencengnya, “Gethuk goreeeng, gethuk goreeeng..!!!“… Saya yang ngedengernya pun jadi melek-melek males, dan seperti dugaan saya.. Yak, kereta Gajayana yang saya tumpangi tadi malam dari Jogja menuju ke Jakarta sedang ngetem di Stasiun Purwokerto..

Helloooo.. Yes! Welcome to my hometown..

Benar memang, saya lahir dan besar di Kota Purwokerto. Born and raised. Kota yang punya semboyan SATRIA (bentar gugling dlu.. *tidak berapa lama kemudian*, SATRIA – Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah dan Aman) ini bukanlah kota besar. Dia merupakan kota yang imut2, yang letaknya di kaki gunung Slamet, provinsi Jawa Tengah. Dia juga merupakan ibukota-nya Kabupaten Banyumas 🙂

Tapi, beberapa taun ini saya merasa durhaka sama kota kelahiran saya tercinta. Bukan apa2 sih, tapi sejak keluarga saya pada tinggal di Jogja, saya jadi jarang pulang ke Purwokerto.. Palingan, setaun skali kalo Lebaran doank 🙁 Huhuhu.. Tapi biar bgtu, Purwokerto selalu ada di hati saya.. Kalo ada yg nanya ke saya, “Kamu asli mana?” Saya pasti bakal bilang, “Purwokerto”.. Hehehe..

Purwokerto bersama dengan Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara.. menggunakan kendaraan ber-“plat R” dan bahasa yang digunakan juga sama, berlogat “ngapak-ngapak“.. Eits, tapi jangan suru saya bicara dengan logat ini yah.. *nggak biasa soalnya 😀

Purwokerto ato yang biasa disingkat “PWT” (baca : pe-we-te, dengan huruf ‘w’-nya medhok) sampe tulisan ini ditulis emang gak punya mall.. Hanya ada super dan hipermarket sahaja.. Tapi, Alhamdulillah.. so far saya gak merasa kekurangan dari jaman saya lair sampe SMA ngendon idup di Purwokerto.. Cuman, yang masih menjadi pemikiran saya adalah.. Kenapa masih juga belom ada bioskop 21/XXI yah? *secara saya movie-mania* 😛 Ah sudahlah.. Eniwei, saya tetap betah kog di kota ini.. 🙂

Beberapa hal yang musti Anda lakukan jika ada di kota ini :

  • Pergi ke pusat oleh2 di Jl. Sawangan (daerah Tanjung)

Secara yah, PWT itu terkenal dengan tempe mendoan-nya, maka saya sarankan, cobalah! Tau gak bentukannya tempe mendo? Hehehe.. Gini ini nih..

Nah, ini pas banget dimakan anget2 pake sambel kecap.. Yummy..!!

Lalu, lalu.. oleh2 apalagi yang bisa dibawa dari kota ini? Silakan coba klanting, sale pisang (basah/kering), dan nopia.. 🙂

  • Cobain makanan di Jl. Bank

Yang terkenal di jalan ini adalah soto-nya.. Ada juga bakso Jl. Bank, tapi pamor nya masih kalah dibandingkan soto-nya.. Hehee.. soto di sini diracik pake kupat, bihun, kecambah, daun bawang, remah2 krupuk, daging, kuah, kecap, sambelnya jangan lupa.. sambel kacang 😀 *aduuuh, saya jadi ngiler2 sendiri neh..

  • Nongkrong di alun-alun

Ini nih.. my most favorite part.. 🙂

Alun-alun Purwokerto dengan daya magis-nya *halah.. Berhasil memikat saya untuk nongkrong berlama-lama di sini.. Dilengkapi dengan fitur lapangan rumput yang luas, lampu-lampu warna-warni, aneka pilihan makanan yang tersaji di pinggiran alun-alun, dan sebuah Videotron ato Jumbotron yah.. Yah, pokoknya itulah.. 😀

View tampak siang..

View di malam hari..

Kalo saya nongkrong di sini, pasti gak ketinggalan makan jagung bakar.. Saya pernah dibeliin sama temen saya, dia pesen yang pedes gtu.. Eh pas saya makan, itu sih udah bukan pedes lagi namanya.. tapi pedesss buangeeettt!!! *saya gag lebay, ini beneran..* Saya jadi dendam sama dia.. *eh, kidding..* Mana waktu itu ga ada yg bawa minum pula.. Ckckckck.. Kacau..

Nongkrong sambil ngeliatin anak2 kecil pada dolanan, nonton tayangannya jumbotron, makan cemilan, ngobrol2 sama temen2.. *bring back memories..

  • Main2 ke Baturraden dan sekitarnya..

Udah pernah ke objek wisata Baturraden? Objek wisata yang letaknya lebih dekat ke Gunung Slamet dibanding pusat kotanya ini, memang terkenal dingiiiin.. *ya iyalah, orang deket gunung.. 😀

Bagi Anda pecinta hawa sejuk ato suka main aer, silakan kemari.. Macem-macem lho, pilihan objek wisata di dalem Baturraden-nya.. Ada taman bermain, kolam renang, kebun binatang, pemandian air panas, Pancuran 3, Pancuran 7, dll.

Nah, objek wisata di sekitar Baturraden ada juga nih yang namanya Curug Gede.. Sesuai namanya, curug = air terjun.. Gak begitu besar sih.. Jadi bisa buat mandi2 asik..

  • Pergi ke Sokaraja, hunting oleh2..

Sebenernya ini bukan di Purwokerto-nya sih.. Jadi istilahnya PWT Coret.. 😆 Daerah Sokaraja ini terkenal dengan soto Sokaraja-nya (seperti soto Jl. Bank), dan yang pasti adalah gethuk goreng-nya (ini yang saya sebut2 di awal postingan)… 😀

Rasanya maniiis banget. Saya paling cuman kuat 2 – 3 aja dalam setempo makan. Manis banget sih.. :mrgreen:

  • Naik gunung

Nah, bagi penggila gunung, silakan ditunggu kedatangannya di Purwokerto.. Ada Gunung Slamet yang bisa didaki.. 😀

Kusus buat brader Oedi’ dan brader Dhika, silakan ditunggu kedatangannya di rumah PWT, katanya mo mendaki Slamet.. Yuuuk.. Ntar kabar2 yak klo jadi.. Mampir rumah lah.. 😀

This is my home sweet home @ PWT..

Yah.. kira-kira itulah yang bisa dilakukan di Purwokerto.. Masih banyak yang lain sih yang bisa dieksplor.. Tapi, berhubung saya udah lama banget nggak beredar di sono, jadi saya tulis segini aja.. 🙂

OK, hope it will be useful..

Yuk, main-main ke kampung halaman saya 😉

Best Regards,

Ninky Hade

NB :

Makasih ya buat foto-foto yang udah saya comot dari internet 🙂

18 comments

  1. Dhika - Reply

    Mau ke PWT!! (dibaca dengan W medhok :p)

    Ngiler liat soto dan mendoannya..yummss. Batu Radennya juga okee.. bersih ya tempatnyaa..!
    Btw, di foto itu kok kamu bahagia skali, mgkn ada hub nya dengan warna biru2.. *eh *kaborr aahh*

    *balik lg* ayo kii..ajak2 to maen ksana..udah lama nih tdk berpetualang 😀

  2. Andika21 - Reply

    poertoricooo…..
    wah si broder sedang promosi tanah kelahiran, objek ma makanannya menggoda ya brot
    insyallah kalo ada waktu mau mendaki gungung slamet, tunggu tanggal maennya saja.
    kudu mampir rumah idamannya brot tu…. harus siapa segalanya karpet merah ijo biru kuning item harus ada. makanan dari yg kecil ampe besar serta berat wkwkwkwkkw…..

    salam dari jogja… kapan maen kejogja lagi brot. kangen kumpul” lagi neh 🙂

  3. Ninky Hade - Reply

    woiyyooo… poertoricooo.. 😆

    iya, emg makanannya bikin ngiler, trutama tempe mendo sama soto nya.. *aaarghh.. brot jd pengen pulaaaang :((

    iya, siyap insya Allah.. makanya kabarin aja kapan mo ke Slamet.. 🙂

    btw, brot mo pengakuan dosa, brot kan kmaren di jogja, tapi cm mampir doank dari pagi smpe malem, jetlag abis kondangan ke banyuwangi, trs lanjut ke bromo 😛
    berhubung keabisan tiket lgsg dari SBY ke JKT, makanya brot pulang ke JOG, tapi maap yah gag bilang 😀 maaap, maaaaaaaaaaaaaap, maaaaaaaaaaap…

  4. Andika21 - Reply

    owww ternyata gitu yah… cukup tau aja hehehee

    yoiii brot santai saja, next time kita kumpul” kalo lagi ga sibuk 🙂
    laen kali ngabarin yah brot 😀

  5. fara - Reply

    baru saja dr sana nong :p
    Dan menc0ba sotonya ituuw,… Seswatuw bgt rasax,…
    Sayang br bc postingan ini stlh aq otw mnj jogja,kl ga ta jabanin satu2 yg km rekomendasikan 😀

  6. Ninky Hade - Reply

    @ dhika bams
    huhuhu,, ma’ap,, 🙁
    yuuk.. kapan ya nggak sibuknya? 😀 hehehe

    @ fara
    weh, kamu ngapain e dari sono? kog ga mnta ijin sama sayah? *eh,, macem aku yg punya aja 😛
    waaah.. sayang skali, klo gtu kamu dtg lagi aja far, ke PWT.. noh barengan Oedi’ sm Dhika.. 😀 *reuni HaeM donk 😆

  7. Oedi` - Reply

    Wah.. wah.. wah.. liat postingan ini buat pengen cepat2 ke slamet aja… tambah lagi liat foto2 makanannya… hmmm.. nyamiiii… 😀
    Oh gitu ya skr… gak bilang2 lg kalau ke jogja… membleeee…. 🙂
    Okey.. di tunggu aja, tar di kabari deh kalau jadi ke slametnya… n harus ikut ya… awas kalau gak.. pokoke antara slamet n rinjani deh… moga cepat terlaksana… 🙂

  8. Ninky Hade - Reply

    eits.. klo ke slamet aku ga ikut.. klo ke rinjani aku mau.. 😀
    ntr kalian nginep aja di rumah.. siap deh nyediain sesajen :mrgreen:

    maap kmren ga bilang2, soalnya dtg pagi pulang malem.. 🙁 itu juga tidur seharian, kecapekan dari banyuwangi n bromo 😛

    hayok lah, itu soto, bakso, tempe mendo udah menanti *ngeces2

  9. Oedi` - Reply

    Hmm… gak seru ah… tapi kalau jadi ke rinjani, janji ikutan yach…
    Hayah.. kaya dedemit aja yg minta sesajen.. tapi gak pa2 kok kalau mau… Hehehe.. 🙂
    Iya deh di maafken.. cuma becanda kok Nin.. 🙂
    Siiaaappp… masalah makan2 bisa di atur… usus dan lambungku pun siap di panjangkan… hahaha… 😀

  10. Pingback: Ibu Kota.. | senenkliwon

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *