Januari di Lab Andrologi

Assalamu’alaikum..

Gimana kabarnya nie? Lama tak jumpa ya.. Sebulan ada kali saya gak apdet postingan 😀 Maklum, sok sibuk. Heheheh.. Alhamdulillah postingan pertama nih di 2018. Wishing the best luck this year, smoga lebih baik dari taun2 sebelumnya, aamiin.. Smoga cita2 kami dan para pejuang keturunan semuanya juga diijabah Allah SWT di tahun 2018 ini. Aaamiin..

Nah, jadi ceritanya sampe juga di tahap tes ASA (Anti Sperm Antibody). Iyah, si merah rajin banget dateng tiap bulan, kebanyakan on time sih, kalopun mundur palingan sehari dua hari. Kalo cerita terakhir kan saya & suami masih mengupayakan untuk pijat, nah berhubung udah 2x dateng pijat dan dibilang ibuknya, “Udah”, ya kami gak balik untuk pijat lagi kemaren. Selama satu ato 2 bulan terakhir ini cuman minum herbal2an aja (HPAI yg dipesenin sama mamah dan nyobain FertilAid yg produk US ituh), tapi masih gagal juga. Uhuhuhuhu..

Setelah beberapa saat nabung, Jum’at tgl. 26 Januari 2018 kemaren, saya dan suami kembali lagi ke RS kesayangan YPK Mandiri untuk eksekusi tes ASA. Sore2 kami ke sana setelah suami pulang kantor. Nyampe RS langsung ke lab dgn pede-nya. Padahal suami udah bilang, daftar duluuu di bagian pendaftaran depan.. Tapi saya ngeyel 😛

Beneran dong, sama ibuk suster andrologi-nya dibilang daftar dulu di depan. Yah, balik lagi ke depan jadinya. Mubadzir banget gitu udah jalan ke lab di bagian belakang. Hehehehe, ngeyel sih..

Habis daftar di depan, balik ke lab lagi, dan diminta tunggu sebentar sambil susternya nyiap2in perlengkapan bwt suami setor sperma. Gak berapa lama, kami dipanggil dan diantar ke kamar bwt setor sperma di Lt. 3 RS. Sampe di kamar, saya nanya ke ibuk susternya..

Saya : “Bu, yg ikut tes ASA ini banyak gak, Bu?”

Ibuk : “Banyak, Bu..”

Saya : (dalam hati, wew.. ternyata banyak ya..) “Terus nanti terapinya gimana, Bu?”

Ibuk : “Nanti dilihat dulu hasilnya, kalau memang nggak terlalu tinggi ya masih bisa minum obat, tapi kalau sudah tinggi, nanti biasanya diterapi dgn suntik.”

Saya : “Terapi suntiknya di mana, Bu?”

Ibuk : “Biasanya di RS Sayyidah, di Duren Sawit.”

Saya : “Kayaknya ada yg di Tebet ya, Bu?” (dalam hati, kalo mesti ke Duren Sawit kejauhan)

Ibuk : “Iya, ada RS Budhi Jaya di Tebet.”

Saya : “Kalau di sini (RS YPK), gak ada, Bu?”

Ibuk : “Iya, itu belum ada, soalnya keterbatasan tempat juga..”

Saya : “Yaah, kalo ada kan maksudnya bisa sekalian di sini dan gak usah pindah2 RS gitu.. :D” (kog pede yah hasil ASA-nya tinggi? 😀 hehehe, kebiasaan mikirin worst case scenario sih..) “OK deh, Bu.. Makasih ya..”

Ibuk : “Iya, Bu. Jangan lupa dikunci pintunya ya, Bu.”

Saya : “OK, Bu..” (terus ngunci pintu kamar)

Ya, jadi kira2 itu isi percakapan saya dgn ibuk suster andrologi. Kesimpulannya, kalau hasil tes ASA-nya belum terlalu tinggi, biasanya masih bisa diresepin obat untuk diminum. Tapi kalau hasil tes ASA-nya udah tergolong tinggi, ya siap2 aja terapi suntik. Cuman di RS YPK-nya sendiri belum melayani untuk terapi ini. Jadi biasanya akan dirujuk ke RS Sayyidah atau RS Budhi Jaya yg udah ada layanan terapi suntik untuk menurunkan nilai ASA.

Ngomong2 terapinya disuntik apaan sih? Eng ing eng.. Terapinya disuntik pake darah putih suami. Jadi nanti suami akan diambil darahnya dulu, terus dipilah dipilih yg darah putihnya, terus disuntikin deh itu darah putih ke sang istri. Intinya sih, dikenalin pelan2 gitu, biar goal-nya nanti sperma suami gak dibasmi sama antibodi-nya sang istri dan harapannya bisa terjadi pembuahan. Aamiin.. Nama terapinya sendiri adalah ILS (Imunisasi Leukosit Suami) atau bahasa Inggris-nya adalah PLI (Paternal Leukocyte Immunization).

Yak, sambil nungguin suami setor sperma, saya tidur2an nonton tipi. Lha kog suaminya gak dibantuin? Hihiihi, doi gak mau, gak konsen katanya. Ya udah Alhamdulillah, saya jadi bisa nonton tipi yg lagi nyiarin perempat final Indonesia Masters 2018, pas Anthony Ginting lagi main vs Chen Long.

Beberapa saat kemudian……………………………………………………………..

Nah, udah selese setor sperma-nya ke wadah yg udah disiapin sama ibuk suster. Saatnya nganter ke lab di Lt. 1. Turun pake lift dan langsung menuju ke lab. Setelah nyerahin wadah tsb, saya diminta tunggu sebentar karena akan diambil darahnya. Gak lama nama saya dipanggil, saya pun masuk ke lab dan duduk di kursi yg udah disediain. Kali ini bukan sama ibuk suster andrologi yg biasanya. Ini sama mbak2 petugas lab-nya. Kata si mbak, darahnya diambil dari tangan kanan aja. Iyalah ya, soalnya mejanya ada di sebelah kanan saya 😛

Darah yg diambil jadi 2 tabung, katanya sih bwt periksa IgE Total. Apa pula itu? Entahlah.. Tapi belakangan browsing,  katanya sih IgE Total bwt ngecek alergi.

Pemeriksaan IgE Total adalah pemeriksaan darah untuk mengukur kadar IgE dalam darah. Seseorang dengan kadar IgE yang berada di ambang batas tinggi akan memiliki kecenderungan mudah mengalami reaksi alergi.

~ http://m.prodia.co.id/id/produklayanan/pemeriksaanlaboratoriumdetails/ige-total ~

Alhamdulillah selesai diambil darah. Sempet curhat sih ke si mbak-nya kalo saya pernah diambil darah tapi habis itu di sekitar bekas tusukan jarum jadi biru2 lebam gitu, lama ilangnya. Kata si mbak, “Mungkin tipe yg kalo diambil darahnya jadi biru, Bu.. Kalo emang nanti biru2, bisa dikompres air anget aja ya, Bu..” Gitu sih tips dari si mbak petugas lab. Ting!

Terus ketemu lagi sama ibuk suster andrologi, cuman dibilangnya, kemungkinan jadinya Jum’at, tapi Senin boleh ditelpon aja sore2 sekitar jam 4, udah jadi ato belum. OK, siap Bu.. Kenapa kog antara Senin & Jumat? Karena bapak dokter (Androlog)-nya which is dr. Indra G. Mansur, cuma praktek hari Senin & Jum’at sore-malem di RS YPK. Begitchuuu..

Yah, jadi singkat cerita *singkat dari mana?* kami bayar2 di kasir dan ternyata habis sebesaaaar.. Rp 1,7 jt..! Huwhuwhuw.. Smoga jadi rejekinya si dedek bayi kelak ya.. Aamiin.. 🙂

NB:

Setelah ngecek kwitansi RS, dan mengingat2, oiya.. Ternyata ada biaya untuk analisis sperma lengkap (di surat pengantar tes ASA, bagian analisis sperma lengkap dicontreng). Pantesan mahal binggo, karena perkiraan saya tes ASA-nya sendiri habis sekitar 1-1,2 jt.

Summary

  • Tes ASA untuk mengecek nilai antibodi istri terhadap sperma suami.
  • Apabila nilai ASA belum terlalu tinggi, biasanya akan diberi obat minum.
  • Apabila nilai ASA sudah tinggi, maka dilakukan terapi suntik darah putih suami ke tubuh istri (terapi ILS alias PLI).
  • Total biaya tes ASA & analisis sperma lengkap Rp 1.713.000,-
  • Rincian biaya sbb:
  • Sperma Analisa Lengkap : Rp 400.000,-
  • Isojima                            : Rp   85.000,-
  • Save Time Test (STT)       : Rp 250.000,-
  • ASA 5                               : Rp 430.000,-
  • Biaya Pelayanan              : Rp 125.000,-
  • IgE Total                          : Rp 423.000,-

15 comments

  1. asti - Reply

    Seneng ada yg berbagi info tes ASA terupdate. Kelanjutannya gmn mb, menanti ini..krn sdng pemikiran kesana..

    • Ninky Hade - Reply

      Halo, Mbak Asti.. Maaf Mbak, baru bukak blog lagih 😀 Btw, salam kenal ya..
      Ini habis PLI ke-2, Mbak.. Sama dokter sih masih disuruh lanjut ke PLI 3, sekitar 2-3 minggu lagi. Nah ntar biasanya 2 minggu pasca PLI 3, akan ada evaluasi dulu dari dokter. Jadi kita disuruh tes ASA lagi buat liat nilainya udah turun apa belum.. Kalo kira2 angkanya udah aman, bisa lanjut promil lagi.. Smoga besok2 angkanya aman dan langsung tokcer.. Aamiin..
      Mbak-nya gimana? Sudah tes ASA?

      • asti - Reply

        Slmt siang mb..
        Semangat y..
        Sy br rencana mau tes ASA minggu bsk, msh mikir jauhnya….hik.. sy jg msh bingung..apa bs lgsg minta tes atau hrs konsul dl, ke dr androlog atau kandungan?

        • Ninky Hade - Reply

          Makasih semangatnya, Mbak..
          Kalo saya dulu dirujuk ke androlog sama dokter kandungan saya. Saya periksanya di RS YPK. Dokter kandungan dgn dr. Dyah Irawati dan androlog-nya dgn dr. Indra G. Mansur. Yg nyarankan tes ASA dan PLI ya dr. Indra tsb.
          Mungkin kalo emang udah periksa2 kandungan dan gak bermasalah, langsung ke androlog juga bisa. Tapi biasanya akan diminta cek sperma suami dulu.
          Hope this helps ya..
          Semangat juga, Mbak.. 🙂

          • asti -

            Trims mbk..
            Berarti sy hrs telp ke RSnya utk info lbh lanjut y..
            Slng mendoakan smg usaha & perjuangan kita direstui & dikabulkanNya. Amin..

  2. Dee - Reply

    Good luck mbak buat PLInya, aku pun br selesai PLI ke 6 alhamdulillah udh normal smua kata dokter Indra (yeaaay kita dokternya samaan).. sekarang aku lgi berjuang ke obgyn-nya.. mdh2an bs scotnya ^.^

    • Asti - Reply

      Slmt malem, mb Dee udh PLI ke 6? Mmg dl tes ASAnya diangka brp? Trs skrg dh promil di obgyn y..
      Smg usaha kita direstui & do’a kita terjawab ?

      • Ninky Hade - Reply

        Maap baru nyadar ada komen masuk 😀
        @Dee salam kenal ya.. 🙂 Good luck bwt TTC-nya.. 😉
        @Asti udah jadi tes ASA juga?
        @all Aamiin.. Semoga terijabah doa2 selama ini 🙂 Semangaat..

        • Asti - Reply

          Halo mb Ninky, udah mb….ASAku sangat tinggi, diangka 200rb lbh.. kl hsl tes darah suami bagus renc lgsg PLI 1. Cb menerima kenyataan & tetep berjuang..selebihnya serahkh pd Yg di Atas ?.

          • Ninky Hade -

            Semoga cepet turun ya, Mba.. Dan smoga langsung tokceeerr nantinya.. Aamiin.. 😉
            Saya lagi deg2an mau tes ASA lagi, insya Allah Selasa pekan depan. Smoga jg hasilnya langsung normal. Tetep semangat.. Lancar2 bwt kita semua.. Aamiin.. 🙂

  3. syarifah alia - Reply

    assalamualaikum mba..
    gimana kabar PLI nya?
    saya ASA ny 131.072.. udah PLI 3.. tp masih suka cheating oantangan.. susah bgt deh ?

    • Ninky Hade - Reply

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb..
      Maaf Mba, sy baru ngeh kalo ada komen masup 😀
      Hihii.. Saya nakalan inih, gak ceki2 ASA lagi setelah PLI-nya diganti dokter dgn konsumsi obat.
      Saya PLI 3x gak ngaruh, ASA-nya tetep di 1:2048, padahal udah pantang makan yg bikin alergi. Terus puasa berhubungan sama suami selama masa PLI tsb. Tapi gak tau tuh, kenapa ASA-nya gak turun. Huhuhuhu..
      Ini lagi gak ke dokter dulu, soalnya cukup bikin down and spaneng krna kayak dikejar target gitu *jangan ditiru ya.. :D*
      Biaya yg cukup mehong jg agak menjadi pikiran, jadi selow dulu aja sayanya. Hehehe..
      Sekarang lg coba promil alami aja, banyak makan buah, sayur, tidur cukup, minum susu Prenagen Esensis, suami rajin olah raga. Mencoba smakin mendekat kpd Allah SWT, Alhamdulillah kalo misal langsung dikasih, kalopun misal masih disuruh nunggu ya insya Allah gak ada ruginya 😀
      Tetep cemunguddh ya, Mba.. Smoga sukses promilnya.. Aamiin.. 🙂

  4. Tita - Reply

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal mba… semangat buat PLI nya yah.. sedikit cerita aja,saya termasuk pejuang promil yg berhasil dgn terapi PLI di RS sayyidah.waktu itu saya promil anak pertama di tahun 2012 dan berhasil hamil di tahun 2013..nilai ASA saya waktu itu termasuk paling tinggi di angka 1 atau 2 jutaan klo ga salah,maklum sudah lama sih?.saya terapi PLI sebanyak kali 5 kali yg dianjurkan dokter,tapi Alhamdulillah pas mau PLI yg ke 5 ternyata saya sdh hamil??.mungkin Krn saya disiplin menjalankan pantangan makanan yg dpt memicu alergi dan memakai pengaman pas campur sama suami?. Rencana nya.pingin promil lagi buat anak ke 2 tapi dgn riwayat ASA tinggi sebelumnya,kaya nya harus pake PLI lagi deh..pingin nya sih bisa hamil alami aja.soal nya lumayan mihil biaya terapi nya..??

    • Ninky Hade - Reply

      Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
      Salam kenal juga, Mba.. 🙂 Alhamdulillah, berarti cocok terapinya ya, Mba.. Sayangnya di saya masih blm bisa nurunin level ASA. Jadi ajeg aja gitu ASA-nya, padahal dh mantangin makanannya n puasa berhubungan. Cocok2an kali yah.. Hewhewhew..
      Saya doain gak perlu PLI, Mba.. Smoga langsung tokcer alami aja yah.. Aamiin.. 🙂
      Semangat, Mbaaa.. 🙂

Leave a Reply to Tita Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *