Niat Hemat & Menambah Pendapatan Lewat Internet

Mohon maaf lahir batin yaaa… 🙂

Ketemu lagi sama saya di blog kesayangan saya ini.. Berhubung TTC-nya masih blum menghasilkan, jadinya saya ganti topik dlu aja kali ya..

Gak tau kenapa lagi pengen nulis sesuai judul di atas. Maklum lah ya, dah hampir 2 taun jadi IRT (sebut saja Istri Rumah Tangga ~ habis blom ada anaknya,, mohon doanya ya 😀 ). Nah, selama jadi IRT ini, sering banget blanja onlen. Entah emang bwt keperluan pribadi, ato bwt kado, ato emg dititipin sm keluarga. Nah, di sini saya pengen berbagi pengalaman mengenai blanja onlen nih, utamanya dari 2 market place yg jadi langganan saya belanja, yaitu Tokopedia (Toped) dan Shopee. Nah looo,, saya gak promosi ya.. Dibayar pun kagak 😀 Murni bwt sharing aja nih..

Terus apa hubungannya antara market place dan niat hemat? Katanya niat hemat, tapi kog blonjooo wae.. Eits.. Baca dulu cerita saya ini..


MANFAATKAN PROGRAM-PROGRAM MARKET PLACE BIAR KANTONG GAK JEBOL

Menghemat lewat market place, apa mungkin? Jawabannya, mungkin bangett!!! Kog bisa? Iya, temen2 semua bisa menggunakan program2 yg ditawarkan dari market place yg banyak bermunculan saat ini. Apa aja sih program2 yg ditawarkan?

1. Program GRATIS ONGKIR

Sebenernya lebih tepat disebut subsidi ongkir sih.. Tapi kalo tokonya deket2 aja mah, ongkirnya bisa gratis!

Menarik banget bukan? Modal ngenet doang, cari2 produk yg diinginkan, terus dibeli. Tinggal cari toko yg reputasi ato review-nya bagus. Daripada misal blanja offline, udah capek muter2, habis waktu & tenaga, boros ongkos pergi2nya, boros bensin, de el el.

Syarat dari promo ini adalah ada batas minimum pembelian, misal kalo di Shopee pembelian Rp 90.000,- baru bisa digratisin ongkir via ekspedisi. Rp 120.000,- gratis ongkir via GO-SEND Same Day. Misalnya begitu..

2. Program CASHBACK

Ini niih, gak kalah menarik! Saya sering banget dapet cashback, terutama di Toped. Gara2nya sering bayar2 tagihan ato melakukan top-up. Misal pulsa listrik dan M-TIX buat nonton di bioskop. Ato bayar tagihan telpon pascabayar, TV kabel, dll.

Pernah juga mbelikan tiket pesawat bwt kakak ipar. Cashback di Toped (Tokocash) saya, masih ada Rp 120 ribuan. Ini hasil ngumpulin cashback dari promo2 yg lain. Waktu itu tiket pesawat yg harusnya Rp 500 ribuan, bisa saya bayar pake cashback yg di Tokocash sebesar Rp 120 ribuan. Dan sisanya bayar via transfer, cuman Rp 300 ribuan.

Alhamdulillah-nya, saat beli tiket pesawat itu, pas ada promo cashback juga. Jadi dapet lagi deh cashback sekitar Rp 83 ribuan yg langsung masuk ke Tokocash. Horeee..!!! Gimana? Gimana? Menggiurkan bukan?

Kekurangannya biasanya ada pada pembatasan 1 akun hanya bisa 1 kali memanfaatkan promo tsb. Jadi, biasanya saya akalin tuh, kalo saya udah gak bisa pake promo tsb, saya pake akun punya suami. Heheheeh..

Kekurangan lainnya adalah cashback ini ga bisa ditransfer antar akun, dan gak bisa juga diuangkan. Jadi emang kudu dipake lagi di market place yg menyediakan promo tsb, bisa bwt blanja onlen ato bayar2 tagihan lagi.

3. Program TUKAR POIN

Nah, kalo ini seringnya di Toped. Jadi di Toped itu ada yang namanya Poin. Kalo kita blanja2 ato bayar2 tagihan, nanti poinnya nambah. Gunanya poin ini adalah buat dituker sama kupon2 yg disediakan. Misalnya mau dapet subsidi ongkir sampe dengan Rp 10.000,-? Bisaa.. Tuker aja 3.300 poin dengan 1 kupon subsidi ongkir Rp 10.000,-. Kupon cashback juga ada, bisa dituker pake poin, asalkan jumlah poinnya mencukupi ya.. 🙂

4. Program MEMBERSHIP/LOYALTY

Saat ini, saya sudah jadi Gold Member di Toped. Keuntungannya apa sih jadi Gold Member? Saya dapet kupon gratis ongkir, kalo gak salah ada 8 buah kupon (sisa 5 kupon karena udah kepake 3 ~ lihat gambar di atas). Memang sih ada minimum pembeliannya, tapi kan lumayan ya kalo pas beli2 dan ternyata sampe ke batas minimum tsb, bisa gratis ongkir 😀 Bisa kirim kupon juga ke teman, tapi saya blom pernah nyoba sih 😛

Terus kog bisa sih jadi Gold Member? Jadi, karena sering manfaatin Toped buat blanja, top-up, dan bayar tagihan, saya sering dapet Poin dan juga dapet Loyalty. Kalo poin ini bisa ditukarkan kupon seperti keterangan pada nomor 3 di atas, kalo loyalty ini yg akan menentukan tingkatan member. Contohnya saat ini saya butuh sekitar 3.570 loyalty lagi untuk naik tingkat jadi Platinum member.

Yah, kira2 itu sih yg bisa dilakukan untuk penghematan dengan memanfaatkan program2 market place. Tidak bermaksud mengajak jadi konsumtif lho ya.. Tapi manfaatkanlah selagi programnya ada, dan harus sesuai kebutuhan. Apa yang mau dibeli dan tagihan apa yang mau dibayar. Sip kaan???


MAU DAPET PENGHASILAN LEWAT INTERNET?

Masih sesuai judul, kalo tadi udah tuh menjelaskan tentang penghematan. Sekarang, penjelasan tentang menambah pendapatan dari internetnya mana? Sabaaar, sabaaar.. Ini saya juga baru2 aja sih nyoba2. Hasil gugling sana sini, baca2 blog orang, dan nyoba2in juga.

Bagi mereka yg pingin mencoba juga memanfaatkan internet untuk menambah pendapatan atau juga mendapatkan penghasilan, mungkin bisa dicoba cara2 berikut ini.

1. Menjadi FREELANCER

Saat ini saya terdaftar sebagai freelancer di situs freeelancer.co.id dan projects.co.id. Memang susah untuk mendapatkan proyeknya karena yang menawarkan jasa (nge-bid) ada banyak sekali. Sampe baca2 tips di situs projects.co.id, di situ cerita jangan bosen nge-bid walo ditolak terus, karena top freelancer di situs tsb dulunya nge-bid bisa ratusan kali sampai dia mendapatkan proyek pertamanya. Giling ya, semangat juangnya 😀

Setelah dapat proyek, kerjakan dengan sebaik2nya, biar dapet review bagus dari yg punya proyek. Dan setelah itu insya Allah bakalan lebih mudah, karena sudah ada yg mengakui reputasi kita.

Cerita nge-bid saya, ada 2 proyek untuk ngetik naskah soal. Saya nge-bid sesuai harga yg dibuka oleh yg punya proyek tsb. Sebenernya boleh nge-bid lebih ato kurang dari harga yg dibuka tsb. Dan bid saya ditolak 2-2 nya. Hehehehe.. Gak tau jg kenapa. Tp yg jelas pas pengumuman pemilihan pemenang proyek, ternyata harga yg ditawarkan oleh pemenang, kurang dari harga yg dibuka oleh si empunya proyek. Mungkin itu juga kali tips-nya yah, untuk freelancer pemula kayak saya ini.. Gak usah jual mahal2 dlu 😛

Bagi temen2 yg tertarik mau jadi freelancer, silakan daftar di:

2. Mendaftar & Pasang IKLAN AFILIASI

Di blog saya ini banyak bertebaran iklan, kan? Yaa.. Betuul.. Iklan tsb bisa tayang di blog karena saya mendaftar afiliasi di beberapa situs yang menyediakan program afiliasi. Sebut saja Lazada, Matahari Mall, Zalora, dan Tiket.com.

Jadi, untuk setiap iklan produk yang tayang, diklik, dan kemudian dibeli oleh user, kita dapat komisi. Besarnya komisi tergantung dari masing2 penyedia layanan afiliasi ini.

Yang tertarik mendaftar afiliasi, bisa ke:

Disebutnya sih Zalora Brand Ambassador Program (BAP). Kalo kita daftar, nanti dikasih kode voucher yg unique. Nah, kode ini bisa kita share kepada user untuk melakukan pembelian yg pertama kali di Zalora, alias new customers only. Kalo transaksinya berhasil, baru deh si empunya kode voucher dapet komisi.

Buat temen2 yg baru mau blanja pertama kali di Zalora, silakan gunakan kode voucher berikut ya.. Mayan, diskon 15%.. 😀

ZBAPN8KR

3. Mengikuti SURVEY ONLINE

Kog survey online? Iya beneran lho.. Portal2 bwt survey online kan dah menjamur tuh, kalo kita daftar jadi membernya, nanti kita bisa dapet tawaran survey yg kalo kita kerjakan bisa dapet poin. Nah, poin itu kita kumpulin sampe batas tertentu (sesuai dgn peraturan penukaran poin dari masing2 portal), baru bisa dituker. Ada yg bisa ditukerin voucher belanja, tuker pulsa, bahkan bisa diuangkan ato ditransfer ke rekening kita. Enak tooo? Bisa dicoba niih, beberapa portal survey online berikut:

Favorit saya so far. Kenapa? Karena gak cuman ngandelin survey aja, doi ada program cashback-nya. Contohnya nih… Daftar di priceprice.com lewat poin-web, terus nulis review dari salah satu produk yg ada di situ, nanti dapat sejumlah 4.000 poin.

Mayan kan bwt tambah2.. Banyak lagi program cashback yg lain.. 😀 Langsung cekidot aja ya.. 🙂

4. PAY-TO-CLICK

Klik iklan dapat dollar? Bisa.. Yg saya coba sih Neobux. Tapi ya gitu, palingan dapetnya cuman $0.001 satu kali klik iklan.. 😀 *ya iyalah, ngeklik iklan tok wae kog yo ngarep entuk akeh, ki piye toh..

Eits, tapi ada program referral di mana member yang terdaftar bisa mengundang teman yg lain untuk mendaftar juga dan yg mengundang jg akan dapet reward setiap kali orang yg diundang tsb nge-klik iklan.

5. Aplikasi WHAFF REWARDS & WHAFF LOCKERS

Manfaatkan Android-mu.. Install apps & mainin game bisa dapat dollar pake aplikasi namanya Whaff Rewards.

Terus kalo Whaff Lockers apaan? Kalo udah install Whaff Lockers, nanti akan ada berita yg tayang di lock screen Android kita. Dalam beberapa kali sehari, setiap meng-unlock screen Android, kita bisa dapet $0.001. Jadi, gak setiap kali kita meng-unlock screen akan dapet dollar ya..

Lhah, sedikit gitu dapetnya.. Sabar, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit kan.. Insya Allah. Di aplikasi Whaff Rewards ini juga ada yg namanya referral. Bentuknya kode. Ajak temen2 untuk pakai kode milik kita ketika mereka meng-install Whaff Rewards. Kalo kode milik kita digunakan, maka kita akan mendapatkan sejumlah $0.300 per user-nya. Lumayan lagi kan.. 🙂 😀

Jangan lupa pake kode ini ya, bwt install n daftar Whaff Rewards & Whaff Locker..

JU44742

Yg mau cari2 apps lain, mungkin bisa nonton channel Youtube-nya Mas Arifandi Wahyu. Kayaknya bliau udah pakem bgt urusan ginian.. 😀

6. JUALAN ONLINE

Wa iniii.. Yg hobi bikin barang2 kerajinan tangan, bisa manfaatin hobi dan skill-nya itu kemudian dijual di toko online. Bisa buka toko online sendiri, ato ngikut2 jualan di market place.

 

Gimana kalo yg gak hobi ato gak bisa bikin barang2 kerajinan tangan? Emang gak boleh ikut jualan online? Ya boleh dong, dgn menjadi reseller produk2 yg udah ada. Misalnya reseller baju2 anak, reseller tas branded, sepatu, barang impor, dll.

Malahan dosen E-Business saya dulu pernah bilang, yg paling enak di antara produsen, reseller, dan konsumen adalah reseller. Kenapa? Karena gak harus mikirin bahan baku, ongkos produksi, biaya tenaga kerja, dan biaya2 lain yg harus dikeluarkan dalam proses produksi barang. Sedangkan kalo jadi reseller kan tinggal ambil barang dan dijual lagi, itupun bisa ambil untung dari penjualan tsb. Kalo konsumen malah dia ngeluarin uang, tidak menghasilkan. Ya kira2 gitulah.. 🙂


Jadi, gimana? Udah siap memanfaatkan tips2 di atas? Jangan lupa berdoa dulu ya.. Ini saya jg lagi nyoba2 kog, sambil sharing, syukur2 berguna. Bwt yg udah menghasilkan, bagi2 tips-nya juga ya.. 🙂

Trimikiciiih udah menyimak tulisan di blog ini.. Sampai jumpa lagi, insya Allah 🙂

Leave Comment

Your email address will not be published.