The Good Things About Taking A Morning Walk..

Morning everyone..! How are things with you?

Kali ini.. Sesuai judul, saya pengen ngebahas mengenai walking-walking morning alias jalan-jalan pagi.. 😀

Udah dari beberapa bulan yang lalu saya memulai kebiasaan jalan pagi. Jadi ceritanya begini.. Bermula dari kabar yang saya terima bahwa salah satu kerabat saya tiba2 mengalami stroke ringan, padahal klo ditilik dari riwayatnya sih nggak ada yang aneh2, orangnya rajin betul olah raga, makan juga dijaga banget.. Sampe sekarang saya masih gag tau deh itu stroke ringan penyebabnya apa, sampe bisa bikin kerabat saya itu jadi susah bicara, kalo orang Jawa bilang, ngomongnya jadi “pelo” (nyebut huruf “E”-nya spt pada kata bebek). Memang sih secara usia udah di atas 50. Mungkin ada pengaruhnya juga yah.. Ah.. entahlah..

Nah, oleh sebab maka dari itulah *lebay* saya berinisiatip buat olah raga cari kringet (*maklum gag pernah olah raga – ketauan yah jeleknya :P*), yang paling enak, murah meriah, ya jalan kaki. Kenapa kog gag pilih lari aja? Simpel, karena saya gag suka lari.. 😀 Hehehe, memang sih keringetnya bisa lebih banyak daripada jalan, dan tentunya kalori yang dibakar juga lebih gedhe. Tapi ya itu, saya lebih enjoy jalan kaki dibanding lari2 :mrgreen:

Dan waktu yang memungkinkan buat saya untuk jalan kaki adalah pada PAGI hari! Kenapa? Lagi2 karena alasan jam kerja saya yaitu jam 08.30 – 17.30, jadi mendingan pagi aja deh.. Secara sore gag mungkin, kalo malem apalagi, tenaga udah terkuras di kantor.. 😆 Dan karena saya juga gag punya tipi di kosan (gag ada yang bisa ditonton), jadi emg gag ada acara lain kalo habis Shubuhan. Cukup dengan 3-4 kali seminggu *dengan catatan: tidak hujan & semalemnya gag lembur/tidur kemaleman*, saya jalan pagi.

Lalu perjalanan pun dimulai.. Here are the good things about taking a morning walk..

Start dari kosan sekitar jam 05.30, pake clana training, kaos lengen pendek didobel jaket, plus kaus kaki n spatu kets, saya brangkat, tak lupa berbekal duit seadanya dan yang paling penting adalah jam tangan dan iPod saya.. Bisa jalan garing saya klo gag dengerin lagu2 😀

*Ceklek ceklek* (backsound buka pintu depan), kluar kosan, *ceklek ceklek* (lagi), buat ngunci pintu depan, nyalain iPod, nggulung lengen jaket sdikit, dan mule jalan. Rute sih bisa ditempuh dalam waktu 30 – 45 menit, tergantung kecepatan jalannya, dan sendirian ato nggak. Soalnya saya juga suka jalan pagi bareng 1 orang tmn kantor saya.. Kalo udah disambi ngobrol otomatis kecepatan jalan juga menurun, dan waktu tempuh makin lama 😉

Jalan pagi sambil dengerin lagu2 yang diputerin sama iPod shuffle saya, mule dari Padi – Tempat Terakhir, Michael Buble – Everything, lagu band’90-an Arwana – Lamunanku, sampe Bang Iwan Fals – Kemesraan, dari lagu yang nge-beat sampe yang melo2,, ada! Okaiy, surprise me! 😀 Namanya juga shuffle, suka2 iPod nya donk.. 😛 Enaknya lagi, biarpun saya jalan sendirian, tapi gag berasa sendiri, soalnya banyak juga eyang2, bapak2, ibu2, kakak2, adek2, mas2, mba2 yang juga olah raga pagi, entah itu jalan kaki sama kayak saya, ato lari pagi, ato sepedaan.. Ato malah mau belanja ke pasar yang ada di deket kosan! 😀 Dan ini salah satu segi baiknya, biar gag kenal tapi kalo papasan ya senyum.. 🙂 Lumayan kan, pagi2 udah sedekah.. Kan sedekah paling mudah dan murah adalah senyum..

Tapi yah heran juga, ini kota (baca: Jakarta) gag ada matinye!! Masih pagi, tetep wae mobil n motor udah pada sliwar sliwer aja, biarpun belum banyak.. Tukang jualan pake grobak juga udah pada jalan.. Kadang sprint (baca: jalan cepet) lawan mereka, tapi tetep aja kalah, cepet banget reek jalannya..

Lalu hal baik lainnya adalah.. Masih pagi, otomatis udara juga masih seger. Beruntung tadi pagi dapet langit yang biruungupinkoren, dibayangin sendiri deh.. 😀 Mayan kan, pagi2 udah dapet pemandangan bagusss, bikin mata makin melek. Agak siangan dikit, kalo hari cerah banget, matahari oren bakal muncul dari arah timur, dan saya pun mulai kesilauan. Disyukuri saja, Alhamdulillah masih bisa ngerasain sinar matahari pagi hari, kan katanya bisa mengubah provit. D menjadi vit. D.. *halaaah* bikin badan tambah sehat.

Jalan pagi juga bikin kita mengeluarkan keringat. Para pembaca sekalian pasti udah tau donk klo kotoran di tubuh juga bisa kluar lewat keringat.. Lumayan, sambil jalan, berkeringat, badan seger dan mengurangi racun dalam tubuh karena sebagian kotoran tubuh dikluarin lewat keringat. Dan jangan lupa! Mandi yah abis slese olah raga n keringatnya kering.. Kasian kan orang lain, bisa pengsan nyium bau acem dari ketek kita.. 😆

Dan selese jalan pun, saya pergi ke pasar. Cari apa??! Cari jamu, sodara! Saya udah jadi langganan-nya Mbak2 jamu di pasar, biasanya pesen kunir asem campur sirih. Cukup 2rebu sajah, udah dapet bonus, pemanis berupa air rebusan gula merah yang dikasih jahe..

Jadi..

Yaah, sambil jalan sambil ngamatin keadaan di sekitar kita, silaturahmi sama orang2 yang walopun kita gag kenal tapi masih mau senyum, bahkan menyapa. Mumpung masih sehat, mumpung masih dikasih waktu.. Dan sebagai rasa syukur kita karena masih dikasih kesempatan hidup di sebuah pagi yang indah..

Oke.. Segitu dulu yah warta dari saya.. Yuuk, olah raga 🙂

Regards,

Ninky Hade

 

Leave Comment

Your email address will not be published.