Throwback Kehamilan (part 3) : Jelang Persalinan

Melanjutkan lagi serial yg ini, di week 36 udah mulai periksa seminggu sekali ya.. ūüėÄ

Ceki2 debay, kondisi air ketuban, cek ukuran panggul apakah kira2 bisa lahiran normal, dsb dsb.

Yg saya ingat waktu itu saya sempet kawatir, karena jelang persalinan kira2 di week 37-38, saya ditinggal dr. Rathi untuk Umroh. Huhuhuhu,, kawatirnya pas lairan gak sama beliau. HPL saya dulu 30 November 2019. Sedangkan klo lahiran kan bisa maju atau mundur 2 minggu dari HPL-nya. Dan dr. Rathi bilang prakteknya lagi kalo gak salah tgl 19 November 2019. Hiks hiks.. Saya disaranin untuk rajin2 renang. Terus, klo misal sampe week 38-39 belom ada tanda2 kontraksi, saya diberi opsi untuk dilakukan membrane stripping. Itu lhoo, dilepasin selaput ketubannya dari mulut rahim, katanya sih 60% dari bumil yg dilakukan membrane stripping akan lahiran dlm jangka waktu 2 hari setelahnya.

Etapi debay kayaknya emang pengen di-launching sm dr. Rathi yah.. Sampe dgn tgl 19 November 2019, saya belom lahiran juga. Saat jadwal kontrol lg tgl 20 November 2019, saya di-USG lagi, dan perkiraan BB debay sudah mencapai 3,5 kg. Wadaw.. Munculah opsi membrane stripping lagi. Kenapa kog dikasih opsi begitu? Karena pas USG si debay dh mayan gedhe. Takut susah ngeluarinnya nanti. Akhirnya saya iyain aja. Dan dimulailah proses itu, ya Allah sakit beneran.. Diubek2 dr bawah, diuyel2 rahimnya, rasa pengen treak tapi malu, akhirnya cm bs ngluarin suara “hek” gtu. Trs sekujur badan keringetan. Huhuhu,,, udah dibilangin dirileksin aja kakinya, tapi ga tau gmn, otomatis itu paha lgsg menegang gitu. Wkkwkwwk.. Akhirnya berlalu jg momen menyakitkan itu..

Next-nya..

Siang harinya di rumah.. Eng ing eng.. Tau2 keluar darah di CD, kayak org haid gitu deh. Saya fotoin kirim ke dr. Rathi. Katanya si jumlah darahnya masih normal. Emang sebelumnya dr. Rathi udh wanti2 kalo habis membrane stripping ntr wajar kalo keluar darah. Ttttapi saya gak nyangka aja keluarnya sebanyak itu.. Kirain cuman flek2 aja ūüėÄ 

OK, renang udah, jalan pagi udah. Tiada tanda2 kontraksi datang. Padahal pasukan yg mau nungguin lahiran dah pada dateng. Ada papah, mamah, dan 1 kakak ipar. Hehehew.. Saya serasa di-PHP debay. Kog gak keluar2.

Hari Kamis tanggal 28 November 2019, saya dan suami mengajak kakak ipar tuk berenang di Ricastro Ciater. Gak jauh2 bgt sih dari rumah. Ceritanya mengikuti anjuran Bu Dokter buat rajin2 berenang. Hweehehehe..

Daaan.. besok paginya hari Jum’at tanggal 29 November 2019..

Insya Allah next post aja ya.. 

1 comment

  1. Pingback: Cerita Lahiran

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *