Mendadak Insem: D-Day

Postingan insem saya bagi 2, soalnya biar gak kepanjangan.. Hehhehe..

Di postingan sebelumnya, saya cerita kalo saya haid lagi, jadi saya minum Profertil dosis 1×2 tablet sehari dan pada hari ke-12 haid, saya kontrol ke obgyn untuk cek sel telur. Syukur Alhamdulillah, ketemu 2 sel telur yg gede2 di sebelah kiri. Dan saat itu jg, obgyn saya langsung nawarin insem aja mumpung ada 2 sel telur yg bagus.

Setelah bersemedi *halah* beberapa saat, saya dan suami pun memutuskan untuk ngikutin program dokter ajah. Jadilah dijadwalin insem hari Rabu, 8 November 2017 jam 12.00. Tp sebelumnya, saya diminta suntik pemecah sel telur (suntik Ovidrel) dulu di hari Selasa, 7 November 2017 pagi2.

Akhirnya saya suntik Ovidrel di hari Selasa pagi dan dilanjut daftar insem ke lab. Karena jadwal insem jam 12.00, maka sama petugas lab diminta dtg jam 10.00, buat setor sperma yg akan digunakan ketika insem nanti. Karena sperma-nya dipilihin dulu yg bagus2 melalui proses washing yg bisa memakan waktu sekitar 1 – 1,5 jam.

Singkat kata singkat cerita… Tibalah juga hari yg bikin deg2an..

Rabu, 8 November 2017

Hari Rabu ini adalah hari ke-14 haid. Saya dan suami nyampe di RS YPK sebelum jam 10.00. Begitu nyampe langsung daftar di bagian pendaftaran dan bilang mau insem. Setelahnya, langsung ke lab dan menyerahkan surat pengantar insem kpd petugas lab. Tapi sama petugas lab dibilang suruh tunggu dulu.

Tunggu punya tunggu, jam setengah 11-an kami pun dipanggil. Eng ing eng.. Sama ibuk suster andrologi lagi ternyata. Hehehehe.. Kami diantar ke ruang untuk setor sperma di lante 3. Pas di lift, ibuk-nya bilang, “Maaf ya agak telat, soalnya macet tadi.” Karena saya penasaran, saya tanya, “Lho ibu bukannya biasanya shift sore, ya Bu?” Karena beberapa kali cek sperma selalu sore dan selalu ketemu ibuk itu. Kata ibuk-nya, “Oh, nggak, kalo ada yg mau insem saya dateng. Jadi on call gitu.” Saya dan suami pun kompakan bilang, “Oooooh…”

Dan nyampelah kami di lante 3. Jalan ke ruangan paling ujuuung yg emg biasa bwt setor sampel sperma. Seperti biasa, ibuknya bilang untuk jangan lupa kunci pintu. OK deh, di-fast forward aja ya…

……………………………………………………………………

Udah dapet sperma-nya di dalem wadah yg emg disediain bwt disetor ke lab. Terus kita kasih wadah berisi sperma tsb ke ibuk suster andrologi-nya di lab. Dan kita boleh ngapa2in dulu sebelum jam 12, mau makan dulu jg boleh, tapi ntr jam 12.00 udh harus ada di RS. Berhubung saya dan suami udah pada sarapan, jadinya kami nunggu deh sampe jam 12. Duduk di kursi depan ruang praktek dokternya.

Tambah grogi, tambah dag dig dug, tangan dan kaki jd dingin. The thought of bakal ketemu cocor bebek lagi bikin pikiran saya gak karuan dan gak nyante. Nyampelah adzan Dhuhur, saya pipis dan terus sholat Dhuhur dulu tp suami nggak ikutan, soalnya kan doi kudu mandi wajib dulu habis keluar sperma πŸ˜€ Selesai sholat, saya duduk lagi di kursi depan ruang praktek dokternya. Suami bilang habis ditelpon lab, katanya sperma doi udah selese di-wash.

Lewat jam 12, udah ada suster yg nanyain dan minta ke saya untuk pipis dulu. Tapi saya bilang, “Udah, Sus..” Gak lama ada suster yg mintain TTD saya buat nanti tindakan insem. Padahal saya blom baca keseluruhan isi dokumennya, tp susternya tetep standby nungguin, seolah2 saya gak boleh lama2 bwt TTD. Jd langsung TTD aja deh.. Hahahaha..

Jam setengah 1 lewat akhirnya saya dipanggil. Agak ngaret memang, soalnya giliran saya ditaro di paling akhir karena akan insem dan setelahnya bakal disuruh berbaring dulu sekitar setengah jam. Kasian kan pasien lain kalo musti nungguin saya? πŸ˜€ Dan kebetulan pas itu pasien sebelum saya lumayan banyak.

Setelah nama saya dipanggil, saya dan suami masuk ruangan yg sebelahan sama ruang praktek dokter. Ada pintu geser untuk penghubung antar ruangan di dalemnya. Jadi dokternya tinggal geser pintu dan tadaaaaaaa… ketemulah sama saya. πŸ˜›

Cuman waktu itu, dokternya masih ngeladenin 1 pasien terakhir sebelum saya. Jadilah saya di-prep dulu sama susternya. Saya disuruh berbaring dulu di kursi panas yg biasa bwt USG Trans V tp udah disetel ke posisi bed gitu. Saya lepas celana dan berbaring di situ, kaki ditaro di atas penyangga. Area pinggang ke bawah ditutupin pake kain. Terus tirai ditutup.. *iya, ada tirainya, berasa kamar mandi pake tirai πŸ˜›* Tambah deg2an euuuyyy..

Setelah menunggu beberapa saat, dr. Dyah Irawati, Sp.OG alias obgyn saya dateng.

Langsung bilang, “Bismillah ya Bu..” Terus lihat hasil washing sperma suami. Dan bilang, “Bagus, bagus..” Berikut hasilnya:

[table id=9 /]

Saya : “Iya, dok.. Bismillah.. Duh, grogi dok..”

Dokter : “Biasa aja Bu, kayak pas kontrol2 sebelumnya.. Ato boleh kog ditemenin suami.”

Suami dateng ke balik tirai dan berdiri di sebelah kepala saya.

Dokter : “Boleh kog dipegang tangannya.”

Saya pegang tangan suami.. *lebay ya..*

Dokter : “Kita mulai ya.. Santai aja, Bu..”

Dan mulailah itu dipasang cocor bebek yg kerasa alamaaaak sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget, kayak dijepit2 di bawah sana.

Saya remes2 tangan suami sampe gemeter walo saya pasang tampang lempeng. Kayaknya beberapa kali ganti cocor bebek deh, yg pertama kurang panjang. Dan berulang2 dokter dan suster bilang, “Ayo Bu yg relaks, soalnya kalo gak rileks nanti sakit. Coba diturunin pantatnya, tempelin ke kursi.” Yah gimana ya.. Namanya sakit, otomatis pantatnya agak ngangkat dan jd kaku deh.. Susternya bilang, “Duh kaku banget Bu.. Keliatan itu kalo kaku, ayok di-relaks-in.” Setelah melewati perjuangan tersendiri, terpasanglah itu cocor bebek.

Dokternya bilang, β€œPadahal ini sama lho kayak kontrol2 biasanya.. Kog skrg malah ibu kaku banget.. :D”

Yg bikin saya heran adalah, udah 2x saya ketemu cocor bebek dan gak sakit. Yg pertama pas HSG, dipasangin cocor bebek sama dokter radiologi, tapi posisi badannya tiduran dan kaki ditekuk plus ngangkang. Yg kedua ya di kursi panas itu, dipasangin sama dr. Dyah juga. Gak sakit dan hanya sekali coba, gak pake ganti2 ukuran cocor bebek. Waktu itu posisinya bukan tiduran tapi duduk agak mrosot dan kaki jg di atas penyangga. Kenapa yg ketiga kalinya ketemu cocor bebek kog sakit bgt, padahal groginya sama kayak pas ketemu cocor bebek pertama dan kedua. Apa mungkin gara2 posisinya ya? Entahlah.. Tapi bener deh, kalo gak rileks bakal sakit..

Tips: Rileks teruuuuusss…

Dokter meminta saya untuk batuk pas mau masang kateter. Terus dengan beberapa kali batuk, kateter terpasang. Pas kateter dh terpasang, saya masih batuk lagi. Baru deh dibilang, “Udah Bu.. Udah kepasang kog ini..” Hehehee, jadi malu..

Tabung Sperma Hasil Washing

Rasanya gimana? Ya masih sakit kayak kecepit cocor bebek, saya tahan2 dan berpikir it’s gonna be okay.. Terus disuntikkanlah sperma suami yg udah di-wash lewat kateter, semua bilang “Bismillah..” Rasanya anget aja gitu.. Hehehehe.. Alhamdulillah selesai, saya diposisikan berbaring dengan kepala agak turun lebih rendah dari kaki. Setengah jam saja, sampe jam setengah 2. Cocor bebek juga udah dilepas. Terus baru dibilangin kalo tadi pas pasang alat agak ditarik, soalnya letaknya agak ke belakang, jd agak sakit. Gak tau juga sih yg agak ke belakangnya itu apa, tp kayaknya letak mulut rahimnya deh. Ya mungkin gara2 posisinya berbaring, terus kakinya disangga. *sotoy* Entahlah.. πŸ˜€

dr. Dyah jg bilang kalo misal habis insem ada cairan ato flek darah yg keluar itu wajar aja, gak apa2. Terus bliau mau bikin surat pengantar bwt kantor untuk saya ijin istirahat hbs insem. Saya bilang, “Lha dok, saya gak kerja dok.. Kalo dibikinin, nanti saya kasih ke siapa?” Wkwkwkwk.. Dokternya bilang, “Kasih ke suami aja, Bu.. Hahahaha..” Terus pesennya 3-4 hari jangan berhubungan dulu. Dan saya diresepin obat yg diminum 1×1 sehari selama 15 hari, namanya “Duphaston“.. *kalo saya baca2 buat penguat kandungan* Sempet worried jg sih, takut dikasi obat yg dimasukkin lewat miss V ato dubur.. Aw aw.. Serem sayaaah.. Alhamdulillah diresepinnya obat minum.

Sebelum beranjak dari ruangan, dokter bilang “Bismillah ya, Bu.. Terus kalo misalnya sesak napas, kasih tau ya..” Dan dokter pun menyudahi sesi insem ini.. Saya ditemenin suster n suami. Terus suster bilang ke suami bwt mengurus administrasi dulu aja biar cepet, lagian saya jg masih baring2. Susternya pamit juga dan bilang sampe setengah 2 ya, Bu.. OK, sus..

Saya ngguin suami, kog gak dateng2.. Yah mungkin ada kali 10-15 menitan bwt bayar2 dan tebus resep. Berasa krik2 aja gitu baring2 sendirian gak ada temen ngobrol. Ehehehe.. Untungnya terus suami balik lagi.. Saya tanya, biayanya berapa? Kata suami 3,9 juta. Rp 3,9 jt itu terdiri dari biaya washing sperma dan tindakan insem. Hiks hiks.. Mehong.. Tp gpp insya Allah, namanya jg ikhtiar, smoga Allah SWT melihat kesungguhan kami ini. Kami nunggu sampe setengah 2, tak lupa saya pake celana dulu. *ya iyalah, bisa ditangkep security ntar kalo lupa pake celana* πŸ˜€ Lalu kami pun pulang.. Alhamdulillah..

Selesai juga tahap inseminasi ini.. Smoga menunjukkan hasil yg positif, Aamiin.. πŸ™‚

 

Untuk para pejuang TTC, ini saya summary-kan tahap2 inseminasi yg saya lalui beserta biayanya:

[table id=10 /]

But, moms.. Biaya akan sangat bergantung pd kasus masing2 ya.. Kalo saya Alhamdulillah, insya Allah gak bermasalah dgn sel telur. Kemarin dikasih Profertil karena dokternya memang pgn lihat aja, adakah lebih dari 1 sel telur yg ukurannya bagus. Alhamdulillah pas ada 2, langsung deh dokter nawarin insem.

Demikianlah kisah insem saya, panjang ya.. Tapi gak bosen kan? πŸ˜€ *maksa* Smoga bermanfaat buat para pejuang TTC. Insya Allah semua usaha kita akan dilihat oleh Allah SWT. Aamiin.. πŸ™‚

 

NB:

Oiya… Bener lho ternyata sorenya keluar flek darah, dan Alhamdulillah gak banyak.. πŸ™‚

 

Summary

  • Harap rileks kalo mau insem, biar pas tindakannya gak sakit.
  • Datang 2 jam sebelum tindakan insem, untuk persiapan washing sperma.
  • Total biaya persiapan insem, washing sperma, dan tindakan insem mencapai Rp 5.675.293,-

 

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published.