The History Between Me and Cats

Setelah saya amati selama setaun belakangan ini, banyak kucing di sekitar kontrakan. Mungkin efek banyak warteg2 bertebaran jg sih. Yg lumayan jd primadona adalah warteg belakang kontrakan. Gak cuman orang2 yg ke sana, tapi kucing jg. Jadi semacam tempat meeting bwt kucing gitu. Habis meeting mereka berpencar menunaikan tugasnya masing2.. *apa sih* Yg sering sliwar-sliwer di sekitar kontrakan saya sih ada beberapa, sampe saya dan suami punya julukan untuk masing2 kucing. Ada si Preman, Bomber, Permaisuri, si Kuning, si Item Putih, dan si Emak.

Suatu hari, sekitar 7 bulan yg lalu datanglah seekor kucing ke kontrakan. Baru kali ini liat. Betina, mungkin umur 7 ato 8 bulan. Badannya kurus, warnanya belang, ujung telinga kirinya terbelah, dan kumisnya kog pendek banget kayak bekas digunting. Ah, mungkin doi dibuang.

Tempus Kecil

Tiba2 aja gitu dia dateng ke halaman belakang, pas saya habis manasin oseng ati ayam. *tau aja dia ada makanan enak* Karena kasian, saya kasihlah dia beberapa potong ati ayam. Dimakan dgn yummy-nya.. Habis itu saya tinggal masuk. Besok2nya dateng lagi.. Akhirnya saya n suami pun ngangkat dia jadi anabul (anak bulu). Lalu kami kasih nama Tempus.

THE HISTORY BETWEEN ME & CATS

Sebenernya si Tempus ini bukan kucing yg pertama terlibat dgn saya.. *halah* Dari dulu udah suka kucing, tapi gak pernah punya sendiri. Sebabnya..

Saya suka kucing, tapi mama saya nggak. Karena terpengaruh info2 simpang siur masalah toxoplasma, bikin mandul etc etc. Pas duluuuu banget, jaman saya SD dan masih di rumah Purwokerto, ada kucing suka dateng ke rumah, saya ajak main, sampe kalo saya ke kamar dia ngikut dan naik ke atas kasur. Dimarahinlah sama mamah. Terus mamah suruhan orang bwt mbuang kucing tsb. Hiiiiiiiiiiiks.. T_T

Berlanjut ke jaman kuliah, ada kucingnya mbak kost, namanya ipoes. Udah pernah saya ceritain di sini. Sekarang dh almarhumah. Terus, jaman kerja, ada kitten yg diselametin sm mbak kos juga, katanya habis ketabrak ato gimana. Kasian bgt, sampek hampir lewat kayaknya. Alhamdulillah mbak kos saya telaten, sampe sembuh niatnya mau dilepas. Tapi kog ya sayang juga. Sampe mbak kos saya itu pindah, akhirnya saya yg lanjut ngerawat kucing tsb. Namanya Bubu. Makin dewasa, dan makin gendhut. Suka melanglang buana, nyari patjar ūüėõ Maklum, jantan ganteng gitu.. Terusnya doi jarang pulang, tau2 pindah ke rumah tetangga depan kosan. Hahahaha.. Ya udahlah, yg penting doi hepi di situ.

Terusnya, ada lagi si Bibi. Pertama ketemu waktu lagi makan di warteg. Masih ABG gitu kayaknya. Pas saya pulang dr warteg, eh dia ngikut. Uniknya nih kucing mukanya separo item separo coklat. Hehehe. Sering saya kasih makan. Berhubung waktu itu masih kerja & ngekos, ketemunya cm pagi sebelom berangkat kerja n pas malem setelah pulang kerja. Ternyata si Bibi ini ngingetin ibu kos akan kucingnya yg dulu, warnanya plek banget soalnya. Sempet disangka jangan2 si Bibi ini anaknya kucing ibu kos yg dulu. Hahahaha.. Jadilah si Bibi dipiara sm ibu kos ūüėÄ

Tempus Gendhut

Nah, balik ke cerita si Tempus. Singkat cerita si Tempus jd menggendhut karena rajin dikasih makan Whiskas yg wet food. Doyannya itu sih.. Pernah dikasih nasi campur ikan disuwir2, yg dimakan ikannya doang. Ish, pemilih banget dia.. ūüėÄ Terus tibalah masanya si Tempus birahi. Dulu pernah sih, kepikiran mau steril aja. Tapi masih maju mundur antara boleh apa nggak sih sebenernya nyeteril hewan. Akhirnya gak jadi karena takut gak boleh. Walhasil pulang dari mudik lebaran, si Tempus mlendhung. Huaaaaaa.. Ogut bakal jd grandma.. :'( Bukannya gak seneng sih, cuman takut aja kebanyakan kucing. 1 aja dimarahin mamah, apalagi banyak. Kan kucing sekali lairan bisa 3 – 5 ekor. Aw aw..

Oiya, sampe sekarang yg tau kalo saya piara kucing, cm kakak saya n sepupu saya. Bahaya nih kalo misal tiba2 ortu dateng ke Jakarta n nginep di kontrakan. Mau disembunyiin di mana itu Tempus n anak2nya. Fyi ya.. Itu Tempus akhirnya beranak 4, 2 jantan & 2 betina. Lahir di tanggal 7 Agustus 2017. Sekarang umurnya 3 bulan lebih. Pampam (jantan oren), Pimpim (betina copycat Tempus bgt), Pumpum (betina gendhut so fluffy), Pompom (jantan langsing copycat bapaknya banget). Berdasar pengamatan terhadap anak2 Tempus terutama si Pompom, kayaknya penyumbang benihnya alias bapaknya anak2 adalah si Item Putih. Tapi kan gak mungkin jg to minta pertanggungjawaban doi. Wkwkkwkw..

kiri ke kanan: Pumpum (ndhut) – Pompom (item putih) – Pampam (oren) – Pimpim (emaknya bgt)

Semoga saya dan suami bisa jd ortu angkat yg baik bagi para anabul kami. Udah 5 bo’.. Keingetan doa di postingan yg ini. Di situ saya bilang..

Semoga Allah segera menghadirkan anggota keluarga kita yg ketiga, keempat, kelima, dst. dst. ya.. Aamiin ??

Ternyata memang dikabulkan Allah SWT. Bukan/belum anak kandung sih. Tapi anak bulu. Hehehehe.. Ya disyukuri saja. Alhamdulillah.. ūüôā

Dan berkaca dari pengalaman si Tempus yg suka main di luar dan gak tau kelakuannya gimana, bisa aja dong dia kawin lageeh nanti mlendhung lageeh dan beranak lageeh.. Tak mampulah kami ini merawatnya. Kalopun dibuang, kasian, lagian takut dosa. Hiks.. ūüôĀ Akhirnya demi kemaslahatan bersama, takutnya over populasi kan bikin gak enak jg sm tetangga, saya dan suami memutuskan untuk ikutan program steril bwt si Tempus. Kebetulan nemu yg paling deket dari kontrakan, steril bersubsidi di daerah Pejaten – Jaksel, dengan Ibu Helen Hutabarat.

Gimana kelanjutan kisah steril si Tempus? Nantikan dalam sandiwara radio.. “Misteri Steril Tempus”.. Mwahahahaa.. *iki opo seh?*

Yah insya Allah dilanjutkan di postingan berikutnya ya.. Smoga nantinya bermanfaat bwt yg mau mensterilkan si kucing kesayangan.. See you..

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *